Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Floss Ulat Sutera

Pertanianku — Selain bisa dibuat menjadi benang, kokon ulat sutera juga bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan. Bagian yang bisa diolah sebagai kerajinan tangan adalah kokon dan floss. Kokon merupakan pelindung pupa yang terbuat dari filamen sutera yang berasal dari kelenjar sutera.

ulat sutera
foto: pixabay

Kokon biasanya tersembunyi di balik daun, warnanya cukup bervariasi, mulai dari cokelat kelabu hingga cokelat tua. Namun, biasanya kokon berwarna cokelat muda. Tekstur bagian luar kokon kasar dan kadang keriput. Bibit kokon sangat bervariasi, bergantung pada jenis tanaman inang atau lokasi yang digunakan.

Kokon inilah yang sering digunakan oleh pembudidaya untuk membuat benang dari ulat sutera. Kokon tersebut juga bisa dibuat untuk kerajinan tangan yang artistik, seperti tas, taplak meja, kerudung, sampul buku, tempat tisu, bahkan pakaian sekalipun.

Sementara itu, floss merupakan pembungkus kokon yang masih terbawa ketika kokon dipanen. Floss tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan untuk hiasan yang sangat artistik. Secara alami, floss masih mengandung debu, kuman, dan mikroba karena fungsinya sebagai pembungkus kokon. Oleh karena itu, floss harus dibersihkan terlebih dahulu.

Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunting salah satu bagian kokon agar bisa mendapatkan bentuk kokon seperti aslinya. Selanjutnya, keluarkan sisa imago yang afkir. Cuci menggunakan deterjen dan rendam di dalam larutan disinfektan selama 10—15 menit. Setelah itu, bilas dan keringkan. Floss sudah siap diolah.

Anda bisa melakukan pewarnaan untuk mendapatkan warna floss yang lebih bervariasi. Pewarna yang bisa digunakan adalah pewarna tekstil. Pewarna tersebut direbus terlebih dahulu dengan air. Selanjutnya, masukkan kokon dan floss ke air rendaman hingga pewarnanya meresap ke dalam serat kokon dan floss. Lama perendaman bergantung pada kebutuhan warna yang ingin Anda dapatkan.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam Dara Petelur yang Memiliki Daya Bertelur Tinggi

Setelah selesai diwarnai, tiriskan dan jemur hingga kering. Floss dan kokon yang sudah kering bisa disetrika agar lebih lembut.

Produk kerajinan tangan yang bisa dibuat dari floss adalah bunga imitasi. Cara pembuatannya sangat mudah, sama seperti pembuatan bunga imitasi dengan bahan baku lainnya. Selain itu, floss ulat sutera juga bisa digunakan sebagai hiasan yang terdapat di tas atau pajangan.

 

 

 

 


loading...