Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis


Pertanianku Membuat kolam ikan koi sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar. Jika tidak memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa membuat kolam yang minimalis. Untuk itu, diperlukan perencanaan yang matang, mulai dari bentuk kolam hingga biaya untuk pembuatan kolam itu sendiri.

Membuat kolam ikan koi
Foto: Shutterstock17

Berikut ini merupakan hal-hal yang sangat perlu diperhatikan sebelum melakukan pembuatan kolam ikan.

  1. Lokasi

Lokasi ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembuatan kolam ikan koi tersebut. Anda perlu memilih lokasi yang paling cocok untuk dijadikan kolam ikan koi.

  1. Oksigen

Selain lokasi, sumber oksigen untuk kolam ikan koi juga harus diperhatikan. Sebab, pada dasarnya ikan koi pun bernapas menggunakan oksigen sehingga suplai oksigen di dalam kolam harus dipenuhi dengan baik.

  1. Ukuran kolam

Ukuran kolam untuk ikan koi juga harus diperhatikan. Biasanya, ukuran kolam untuk ikan koi ini dibuat berdasarkan lokasi tempat budidaya ikan koi tersebut. Selain itu, ukuran kolam tersebut bisa dipastikan berdasarkan jumlah ikan yang akan ditempatkan di dalam kolam ikan tersebut nantinya.

  1. Bentuk kolam

Bukan hanya itu, Anda juga harus memerhatikan bentuk kolam yang akan digunakan untuk ikan koi. Pastikan kolam tersebut memiliki bentuk yang sesuai dengan lokasi. Disamping itu, usahakan bentuk kolam yang akan dibuat tersebut harus memiliki bentuk yang standar.

  1. Sudut dan dasar kolam

Pada saat akan membuat kolam untuk ikan koi, ada baiknya jika Anda memerhatikan sudut dan dasar dari kolam yang akan dibuat tersebut. Untuk itu, jika Anda ingin membuat kolam ikan koi, jangan menggunakan sudut 90 derajat.

Baca Juga:  Nelayan Dijanjikan Lebih Mudah Tangkap Ikan dengan Aplikasi