Cara Membuat Kolostrum untuk Anak Sapi

Pertanianku — Kolostrum sangat penting bagi anak sapi (pedet). Apabila kolostrum dari indukan sapi perah tidak diberikan kepada pedet, pertumbuhan anakan ini bisa terganggu. Lalu, bagaimana jika induk sapi tidak mengeluarkan kolostrum? Jangan khawatir, Anda bisa membuat kolostrum untuk anak sapi dengan bahan-bahan alami yang juga memiliki manfaat sama dengan kolostrus dari induk.

membuat kolostrum untuk anak sapi
Foto: Unsplash

Bahan

  • Gula pasir 40 gram
  • Madu tawon asli 40 ml
  • Minyak ikan asli 80 ml
  • Susu full cream 2,5 kg
  • Telur ayam (ayam ras boleh) 5 butir
  • Air steril (qs) 5 liter

Langkah-langkah membuat

Loading...

Pertama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Rebus air kurang lebih 4,5 liter di dalam wadah enamel (nonlogam) sampai mendidih selama 2—3 menit. Kemudian biarkan dingin sampai suhunya 40° C. Setelah itu, telur ayam dipecah kulitnya dan dikocok isinya (putih dan kuning) di dalam wadah nonlogam.

Masukkan susu sambil diaduk, kemudian masukkan telur yang telah dikocok. Berikutnya, masukkan bahan yang lain dan sambil diaduk terus sampai rata di dalam wadah non logam, bisa pakai enamel. Setelah jadi, kolostrum buatan Anda sendiri siap diberikan ke pedet (anak sapi).

Jatah kolostrum untuk pedet sehari diberikan 3 kali (pagi, siang, dan sore), sebanyak 4—5 liter per hari per ekor selama 4—5 hari atau untuk cempe 0,4—0,5 liter. Kolostrum cukup diberikan selama 4 hari. Selanjutnya, diberi susu segar atau susu pengganti (milk replacer).

Baca Juga:  Cara Ternak Ayam Arab Petelur untuk Pemula
Loading...
Loading...