Cara Membuat Kompos Cair dari Limbah Rumah Tangga


Pertanianku – Pada dasarnya, sampah rumah tangga bisa dibuat kompos cair. Prinsip pembuatannya yaitu dengan menggunakan alat berupa komposter. Dalam pembuatan kompos cair, harus ditambahkan bioaktivator cair. Berikut ini disajikan rincian prosedur pembuatan kompos cair dari sampah rumah tangga.

Kompos Cair dari Limbah Rumah Tangga

Pupuk kompos cair ini mempunyai banyak manfaat, mulai dari fungsinya sebagai pupuk hingga sebagai aktivator untuk membuat kompos lainnya. Selain itu, pembuatan kompos cair cenderung lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan pembuatan kompos padat. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Bahan:

  • Sampah organik, banyaknya disesuaikan dengan ukuran
  • komposter yang digunakan
  • Bioaktivator cair
  • Air secukupnya

Peralatan:

  • Komposter, ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan (20—200 l)
  • Pisau
  • Sprayer ukuran 1 liter

Cara Pembuatan:

1) Pilih dan masukkan sampah organik seperti sisa sayuran, kulit buah, dedaunan kering, dan sisa pangkasan tanaman/rumput ke dalam komposter. Kemudian tunggu komposter sampai penuh. Biasanya untuk komposter ukuran 20 l (ukuran paling kecil) akan penuh dalam waktu 1—2 bulan, tergantung dari banyaknya anggota rumah tangga. Semakin banyak anggota rumah tangga biasanya sampah yang dihasilkan juga semakin banyak.

2) Sampah yang berukuran besar seperti batang tanaman, sayuran daun, atau kulit buah yang keras sebaiknya dirajang terlebih dahulu agar pembusukannya sempurna. Selain itu, volume sampah yang terapung juga semakin banyak.

3) Setelah komposter penuh, siapkan cairan bioaktivator lalu semprotkan hingga merata ke seluruh sampah dan tutup rapat komposter. Selanjutnya, tunggu sampai menghasilkan lindi (airsampah).

4) Pada awal pemakaian, komposter baru bisa menghasilkan lindi (air sampah) atau kompos cair setelah dua minggu. Selanjutnya, pemanenan lindi dilakukan setiap 1—2 hari sekali.

Buku: Membuat kompos secara kilat

Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa UGM Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Gas Hidrogen
loading...
loading...