Cara Membuat Kompos Organik dengan Langkah Mudah

Pertanianku — Saat ini, masyarakat mulai sadar akan pentingnya konsumsi makanan sehat yang bebas dari residu kimia dari pupuk kimia. Sayur dan buah-bahan organik jadi alternatifnya. Namun, tidak dimungkiri jika harga komoditas pertanian organik memang mahal. Hal ini bisa Anda siasati dengan membuat kebun organik sendiri. Untuk pupuknya, Anda bisa membuat kompos organik.

membuat kompos organik
Foto: Pixabay

Kompos organik bisa Anda buat dari bahan-bahan alami seperti sampah rumah tangga dan daun-daun kering. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak membuat kompos organik adalah menyiapkan sampah-sampah rumah tangga. Anda harus menyortirnya terlebih dahulu. Pisahkan sampah plastik dengan sampah yang berasal dari tanaman.

Loading...

Selanjutnya, siapkan wadah yang layak yang nantinya akan digunakan untuk menampung kompos yang Anda buat. Namun, usahakan wadah yang Anda siapkan itu memiliki tutup untuk menghindari binatang pengganggu seperti tikus, lalat, ataupun air hujan masuk ke dalamnya.

Jika wadah sudah disiapkan, Anda hanya perlu mengambil tanah secukupnya, kemudian gunakan sebagai alas pada wadah yang sudah Amda siapkan. Siram dengan air. Masukkan sampah dedaunan dan sampah limbah rumah tangga lainnya ke wadah di atas lapisan tanah tadi. Ratakan sampai kira-kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang tadi dimasukkan.

Tutup lapisan daun/sampah rumah tangga tadi menggunakan tanah lagi dan siram kembali dengan air. Tutup wadah menggunakan tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup ini untuk menghindarkan calon kompos tadi dari hujan dan lalat. Kemudian, letakkan wadah di tempat yang tidak terjangkau anak-anak dan tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan wadah tersebut selama kurang lebih 3 minggu.

Baca Juga:  Atasi Nyeri Haid dengan Ramuan Kayu Manis Herbal
Loading...
Loading...