Cara Membuat Kompos Sampah Rumah Tangga

Pertanianku — Ada beberapa jenis sampah rumah tangga yang masih bisa diolah untuk dijadikan kompos sampah rumah tangga. Selain sampah rumah tangga, Anda bisa mendapatkan sampah organik dari pasar tradisional, biasanya terdapat banyak sisa sampah penjualan sayuran yang masih bisa dikomposkan. Berikut ini cara mudah membuat kompos sampah rumah tanggga.

kompos sampah rumah tangga
foto: pertanianku

Alat yang digunakan:

  • Drum atau tong plastik yang memiliki tutup
  • Pipa paralon berdiameter 4 inci
  • Kasa plastik untuk menutup lubang pipa bagian luar
  • Batu kerikil

Cara membuat wadah untuk pengomposan:

Loading...
  • Beri 4 lubang berdiameter 4 inci pada bagian atas tong plasik untuk memasang pipa Sementara itu, pada bagian bawah beri lubang sebanyak 4—5 lubang dengan diameter yang sama, lalu tutup dengan kasa plastik. Lubang pada bagian bawah berfungsi untuk jalan air.
  • Ujung pipa bagian luar ditutup dengan kasa plastik untuk sirkulasi udara.
  • Pipa dilubangi dengan bor sebesar 5 mm setiap jarak 5 cm. Bagian tong juga dilubangi sebesar 5 mm dengan jarak 10 cm untuk sirkulasi udara di dalam tong.
  • Pasang pipa pada empat sudut tong, lalu tanam di tanah. Tempatkan tong pada lahan yang tidak terkena hujan secara langsung.
  • Pada bagian tepi tong dan tepi pipa ditutup dengan kerikil hingga setebal 15 cm, lalu timbun dengan tanah. Kerikil tersebut berfungsi untuk meredam bau sampah organik yang mengganggu.

Setelah wadah untuk membuat kompos sudah dibuat, Anda bisa mengisi wadah tersebut dengan sampah rumah tangga yang organik. Jangan masukkan kulit telur dan kulit kacang karena bahan tersebut sulit dikomposkan. Setelah penuh, tutup tong dan biarkan selama 3—4 bulan untuk dilakukan proses pengomposan.

Sampah yang sudah berhasil menjadi kompos akan berubah warna menjadi hitam dan gembur seperti tanah. Ambil kompos dari wadah, dan angin-anginkan selama seminggu. Setelah itu, kompos sudah siap untuk diberikan ke tanaman.

Baca Juga:  Apa itu Produk Pangan Rekayasa Genetika?

Dalam komposter biasanya akan terdapat belatung yang berasal dari sampah organik yang mengalami pembusukan. Kehadiran belatung tersebut sangat berguna untuk membantu proses pengomposan. Agar belatung tidak ke mana-mana, tutup tong dengan rapat.

Jika Anda kesulitan membuat wadah untuk membuat kompos sampah rumah tangga atau lebih dikenal dengan komposter, Anda bisa membelinya di toko pertanian. Penempatan komposter tidak boleh sembarangan, seperti dekat sumur yang dangkal karena bisa mencemari air sumur.

Anda bisa mempelajari berbagai cara teknik pengomposan bahan limbah yang terdapat di sekitar tempat tinggal dalam buku Cara Mudah dan Cepat Buat Kompos yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Pasalnya, selain sampah rumah tangga, masih banyak limbah organik yang bisa diolah menjadi kompos.

 

 

Loading...
Loading...