Cara Membuat Kwetiau Wortel Basah

Pertanianku Kwetiau wortel dibuat dengan cara mencampurkan seluruh bahan pembuatan kwetiau basah dengan wortel yang mengandung banyak nutrisi gizi yang baik bagi tubuh. Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi dalam bentuk beta karoten. Wortel juga mampu memenuhi seluruh kebutuhan mineral dan betakaroten tubuh sehingga kandungan wortel sangat bergizi untuk tubuh.

kwetiau wortel
foto: pertanianku

Pembuatan kwetiau wortel basah terbilang cukup mudah dan dapat Anda ikuti di rumah. Jika biasanya kwetiau berwarna putih yang berasal dari warna tepung beras, kwetiau yang dibuat dengan menambahkan wortel akan berwarna oranye dan terlihat lebih menarik. Berikut resep pembuatan kwetiau wortel basah.

Bahan-bahan:

  • Tepung beras 3.000 gram
  • Tepung tapioka 1.000 gram
  • Wortel 2.000 gram
  • Air 8.000 cc
  • Garam 40 gram
  • Minyak goreng 5 sendok makan

Cara membuat:

  1. Pilihlah wortel yang segar, lalu cuci bersih dan kupas. Setelah itu, rebus wortel selama 5 menit. Masukkan wortel ke blender dan tambahkan 1.000 cc air. Blender wortel hingga halus dan bertekstur seperti bubur buah.
  2. Campurkan bubur wortel, garam, dan tepung tapioka ke dalam tepung beras. Lalu, tambahkan sisa air, dan aduk seluruh adonan hingga tercampur merata.
  3. Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak terlebih dahulu, lalu letakkan di atas kukusan atau siapkan pan cake yang sudah ditambahkan minyak goreng.
  4. Tuang adonan kwetiau ke dalam loyang atau pan cake secara merata ke seluruh loyang atau pan cake.
  5. Jika menggunakan loyang, adonan dikukus. Sementara, jika menggunakan pan cake, dadar adona hingga matang atau sekitar 10 menit, lalu angkat dan diamkan adonan kwetiau hingga dingin.
  6. Setelah dingin, potong kwetiau dengan lebar sekitar 0,5 cm.
  7. Kwetiau sudah siap untuk dimasak menjadi beragam jenis masakan, seperti kwetiau rebus atau kwetiau goreng.
Baca Juga:  Ciri-ciri Varietas Tomat yang Unggul

loading...