Cara Membuat Media MEA untuk Kultur Murni Jamur Tiram

Pertanianku — Sebelum membuat kultur murni jamur, Anda perlu menyiapkan media kultur terlebih dahulu. Seluruh pekerjaan harus dilakukan dengan teknik aseptis dengan peralatan steril dan dikerjakan di tempat yang steril juga. Salah satu media untuk kultur murni jamur tiram adalah media MEA (Malt Extract Agarl).

media MEA
foto: pertanianku

Media tumbuh bibit jambur merupakan suatu bahan yang terdiri atas campuran nutrisi (zat makanan) yang dibutuhkan untuk menumbuhkan miselium jamur. Miselium yang sudah tumbuh bisa digunakan sesuai dengan keperluan, misalnya untuk membuat indukan jamur. Untuk mendukung pertumbuhan miselium tersebut, Anda memerlukan media tumbuh yang baik.

Media tumbuh miselium jamur yang baik adalah memiliki tekanan osmosis, tegangan permukaan dan pH yang sesuai, serta media tumbuh tidak mengandung zat-zat penghambat dan mudah dibersihkan.

Loading...

Media tumbuh bisa terbuat dari bahan anorganik ataupun bahan organik. Komposisi nutrisi bisa disesuaikan dengan kebutuhan sumber karbon, energi, dan unsur hara esensial atau faktor tumbuh lainnya.

Bahan alami untuk membuat media kultur murni jamur tiram adalah kentang, taoge, dan tepung kedelai. Bahan alami tersebut harus diekstrak terlebih dahulu dengan cara direbus. Selanjutnya, air rebusan disaring dan dicampurkan oleh bahan lain. Media yang cocok untuk pertumbuhan jamur tiram adalah MEA dan PDA.

Berikut ini cara pembuatan media tumbuh MEA (Malt Extract Agarl).

Bahan-bahan:

  • 5 gram malt extract
  • 10 gram tepung kedelai
  • 1 gram peptom
  • 0,5 gram KH2PO4
  • 0,5 gram MGSO47H2O
  • 1 ml larutan FeCL3 1 persen
  • 0,1 gram yeast extraxt
  • 15 gram agar-agar difco
  • 1 liter air

Cara pembuatan:

  1. Timbang semua bahan, lalu masukkan ke gelas piala atau wadah lain, tambahkan air lalu aduk dengan pengaduk gelas hingga larut.
  2. Panaskan larutan media tersebut dalam pemanas air hingga mendidih sambil sering diaduk-aduk hingga agar-agar larut.
  3. Ukur 10 ml agar-agar dalam keadaan panas, masukkan ke tabung reaksi steril, dan tutup kembali dengan kapas. Apabila media mengental, panaskan kembali.
  4. Ikat kuat tabung reaksi dengan karet dan ditutup kertas, lalu beri label pada media.
  5. Sterilkan media dengan autoklaf dengan suhu 121°C selama 15 menit.
  6. Jika sudah selesai steril, jangan langsung membuka tutup autoklaf, tunggu hingga tekanan menjani nol.
Baca Juga:  Nangka Bulat Mini, Varietas Nangka dengan Getah Buah Sedikit

 

Loading...
Loading...