Cara Membuat Media Tanam Anggrek dari Sabut Kelapa

Pertanianku — Tanaman anggrek adalah salah satu jenis bunga yang dapat hidup dengan cara menumpang pada pohon lain, tetapi tidak mengganggu pertumbuhan pohon inangnya dan bukan tergolong jenis tanaman parasit. Anda juga bisa memanfaatkan sabut kelapa sebagai media tanam anggrek.

media tanam anggrek
Foto: Google Image

Mungkin Anda masih kebingungan menjadikan sabut kelapa menjadi media tanam Orchidaceae ini. Namun, mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek cukup mudah dan tak perlu memerlukan banyak perlengkapan.

Untuk mendapatkan media tanam yang baik serta cocok digunakan pada tanaman anggrek, sebaiknya Anda memilih sabut kelapa yang tua. Selanjutnya, rendam sabut kelapa dalam larutan fungisida terlebih dahulu sebelum menempatkan tanaman anggrek pada sabut kelapa tersebut. Perendaman dengan menggunakan larutan fungisida bertujuan agar media tanam tidak mudah terjangkit jamur.

Perendaman lainnya dilakukan dalam dua tahapan. Tahapan pertama, yaitu cukup menggunakan air bersih. Sementara, tahap kedua, yaitu menggunakan larutan khusus berupa cairan (larutan) fungisida. Pada perendaman tahapan pertama, dibutuhkan waktu kurang lebih selama 6 jam. Sebelum dilakukan perendaman, jangan lupa untuk membersihkan sabut kelapa terlebih dahulu.

Setelah perendaman menggunakan air bersih sesuai waktu yang sudah disebutkan tadi usai, langkah berikutnya, yaitu mengangkat sabut kelapa lalu dipukul-pukul menggunakan kayu, palu, atau benda padat lainnya. Cara ini bertujuan agar serat sabut kelapa dapat terbuka.

Setelah perendaman tahap pertama selesai, langsung masuk pada perendaman tahap dua dengan menggunakan larutan fungisida. Penggunaan larutan tersebut berguna untuk membersihkan kandungan zat (terdapat pada  bagian sabut kelapa) yang dapat menghambat proses pembungaan serta pertumbuhan bunga anggrek. Setelah dirasa sudah steril, langkah yang diambil, yaitu mengeringkan sabut kelapa.

Setelah itu, keringkan sabut kelapa yang sudah direndam selama 2 kali tahapan tadi. Sebab, sabut yang akan menjadi media tanam bunga anggrek tidak dapat begitu saja langsung disatukan dengan tanaman. Untuk proses pengeringan tidak perlu lama-lama, jika dirasa sabut sudah terlihat lumayan kering dan masih cukup lembap, akhiri saja proses pengeringan.

Baca Juga:  Sirih Gading, Tanaman Hias Penyerap Racun Udara

 

Loading...