Cara Membuat Media Tanam Organik untuk Menanam Pohon Anggur

Pertanianku — Salah satu kunci keberhasilan dari bertani organik adalah media tanam yang digunakan. Media tanam organik biasanya akan direkayasa atau diracik dengan beberapa jenis media tanam yang terbuat secara alami dan sudah mengandung banyak hara yang berguna untuk pertumbuhan pohon anggur.

media tanam organik
foto: pertananku

Media tanam yang baik pada umumnya memiliki tiga prinsip, yakni berfungsi sebagai drainase yang baik, mampu mengikat hara dan air yang baik (penyedia nutrisi), dan mampu bertindak sebagai mulsa yang berfungsi untuk menghindari penguapan air dari permukaan media tanam.

Agar media tanam memiliki ketiga prinsip tersebut dengan hanya mengandalkan bahan organik, Anda harus melakukan rekayasa atau meracik media tanam yang terbuat dari berbagai jenis media tanam.

Loading...

Salah satu media tanam organik yang direkayasa dapat terbuat dari bokashi, tanah, dan sekam bakar. Media tanam tersebut dapat dibuat dengan perbandingan tanah dan bokashi sebesar 1:3.

Bokashi merupakan pupuk organik yang dipopulerkan pertama kali di Jepang. Salah satu kelebihan bokashi ialah dapat dibuat dalam wkatu yang cepat dan efektif karena pembuatannya menggunakan bakteri EM4. Bakteri EM4 adalah jenis mikroorganisme dekomposer yang dipopulerkan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Jepang.

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan bokashi adalah kotoran kambing, jerami, batang pohon pisang, sekam bakar, molases, dan bakteri EM4. Bokashi ini dapat Anda buat sendiri di rumah. Namun, Anda juga dapat membeli bokashi yang sudah jadi langsung di toko pertanian.

Selain bokashi kering, Anda juga dapat menggunakan bokashi cair. Bokashi cair ditambahkan ke dalam media tanam setiap dua minggu sekali. Bokashi cair bersifat seperti pupuk organik cair sehingga pengaplikasiannya hanya sebanyak 20 ml.

Baca Juga:  Atasi Lalat Buah yang Menyerang Tabulampot, Hama Penyebab Buah Busuk

Untuk pemupukan, Anda bisa memanfaatkan limbah organik rumah tangga untuk menghemat biaya pembelian pupuk. Anda hanya memerlukan dua piring sampah dapur untuk memenuhi kebutuhan unsur hara satu pohon anggur selama dua bulan. Sampah dapur yang akan digunakan harus difermentasikan terlebih dahulu dengan diberi superdegra.

Anda juga dapat memberikan siraman air bekas cucian beras pertama sebanyak dua kali sehari. Setelah itu, baru berikan sampah yang sudah terfermentasi.

 

Loading...
Loading...