Cara Membuat Media untuk Beternak Cacing Sutera

Pertanianku— Media menjadi kebutuhan penting yang harus disediakan ketika Anda ingin beternak cacing sutera. Ada banyak formula media beternak cacing sutera yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Yang penting, media tersebut subur dan kaya bahan organik.

media beternak cacing sutera
foto: Pertanianku

Bahan utama dalam pembuatan media beternak cacing sutera adalah lumpur karena kondisinya hampir mendekati habitat aslinya. Anda bisa menggunakan lumpur halus yang berasal dari saluran air atau kolam yang mengandung bahan organik.

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk beternak cacing sutera adalah lumpur, dedak, ampas tahu, dan kotoran ayam. Perbandingan komposisi yang bisa digunakan untuk formula tersebut adalah 5—7:1:1:1—3.

Misalkan, Anda memiliki kolam seluas 50 m2, lumpur yang dibutuhkan sebanyak 125 liter, dedak 25 kg, ampas tahu 25 kg, dan kotoran ayam sebanyak 75 kg.

Untuk memaksimalkan peran media tersebut, Anda bisa menambahkan probiotik agar media ternak menjadi lebih produktif. Probiotik tersebut berperan sebagai aktivator dalam fermentasi. Probiotik yang digunakan bisa berupa campuran antara probiotik komersial dengan tetes tebu atau molase.

Jumlah molase yang dapat digunakan adalah 40 ml/m2 luas lahan, Anda bisa menyesuaikan jumlah tersebut dengan luas kolam budidaya yang Anda miliki. Sementara itu, dosis molase yang bisa Anda gunakan adalah 30 ml/m2 luas lahan. Misalkan kolam Anda seluas 50 m2, molase yang dibutuhkan sebanyak 2 liter dan probiotik sebanyak 1,5 liter.

Kedua bahan tersebut dicampur menjadi satu dan tambahkan air sebanyak 20 liter. Setelah itu, didiamkan selama dua jam terlebih dahulu.

Setelah semua bahan sudah tersedia, berikut ini langkah-langkah membuat media beternak cacing sutera.

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan sesuai dengan porsinya.
  2. Campur semua bahan dan aduk hingga merata.
  3. Tambahkan probiotik yang sudah dibuat dan sudah didiamkan selama dua jam.
  4. Aduk kembali hingga bahan tercampur dengan rata.
  5. Masukkan bahan media ternak ke wadah khusus untuk difermentasikan selama 5—7 hari. Tutup wadah tersebut dengan penutup yang sudah diberikan lubang agar gas hasil fermentasi bisa terbuang.
  6. Setelah 7 hari, media sudah siap untuk digunakan dan ditandai dengan tidak adanya bau busuk.
Baca Juga:  Kementan Mulai Siaga dengan Penyakit Hewan LSD