Cara Membuat Melon Aneka Bentuk

Pertanianku — Buah melon yang umumnya berbentuk bulat bisa dibuat menjadi beraneka bentuk yang diinginkan. Taman Buah Mekarsari menjadi salah satu pusat studi tanaman hortikultura yang mampu mengembangkan melon berbentuk kotak. Membentuk melon menjadi kotak pada dasarnya bertujuan menambah daya tarik dari buah melon aneka bentuk.

melon aneka bentuk
foto: pertanianku

Buah melon yang sudah dibentuk menjadi kotak tidak mengalami perubahan rasa ataupun tekstur. Buah tersebut hanya mengalami perubahan.

Selain kotak, buah melon juga bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk yang Anda inginkan. Membentuk melon bisa dilakukan dengan cetakan berbahan akrilik. Di Taman Buah Mekarsari Anda bisa menemukan berbagai bentuk buah melon yang unik-unik.

Loading...

Cetakan akrilik dipilih karena memiliki daya elastisitas polimer polymethyl methacrylate yang sesuai dengan buah melon sehingga cetakan tersebut tidak mudah pecah dan mampu menahan desakan ketika buah sudah membesar.

Buah yang akan dibentuk sebaiknya mendapatkan volume penyiraman sebanyak setengah dari biasanya. Hal ini dilakukan agar kadar air di dalam buah berkurang. Ketika kadar air berkurang, buah agak layu dan menjadi elastis sehingga bisa tumbuh mengikuti bentuk cetakan.

Anda juga bisa melakukan pembentukan pada buah melon yang Anda tanam di pot. Untuk membentuk melon, Anda membutuhkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  1. Cetakan kubus besar 16 cm × 16 cm × 16 cm
  2. Cetakan kubus sedang 12 cm × 12 cm × 12 cm
  3. Cetakan kubus kecil 6 cm × 6 cm × 6 cm
  4. Benang kasur
  5. Gunting tanaman
  6. Obeng
  7. Tang

Cara membuat:

  1. Bungkus buah dengan cetakan kecil ketika sudah berumur dua minggu atau sudah sebesar telur puyuh.
  2. Ganti cetakan akrilik ketika sudah memasuki hari ke-3 atau ke-5, bergantung pada varietas melon yang Anda gunakan.
  3. Pasang benang kasur pada lubang-lubang di bagian atas cetakan akrilik agar buah tidak rontok karena cetakan yang berat.
  4. Pasangkan besi-besi penyangga pada cetakan agar cetakan tidak terlepas saat buah sudah membesar.
  5. Selanjutnya, buka cetakan dan ganti dengan cetakan yang berukuran sedang.
  6. Saat pergantian dari cetakan sedang ke cetakan besar, buah sudah mulai terlihat membentuk kotak hampir 80 persen.
  7. Setelah berumur 30—40 hari dari proses pembentukan dengan akrilik, melon kotak sudah siap dipanen. Tiga hari sebelum dipanen, cetakan dibuka untuk menjaga rasa dan penampilan buah agar tetap menarik.
Baca Juga:  Speectra, Inovasi Budidaya Ikan di Lahan Rawa Banjiran

 

 

 

Loading...
Loading...