Cara Membuat Melon kotak


Pertanianku – Di Indonesia, tren melon kotak dimulai di Taman Wisata Buah Mekarsari, Bogor yang sukses membuat melon kotak tanpa mengubah rasa dan tekstur buah dan dapat dijual dengan harga yang mahal. Pembentukan melon kotak ini bertujuan agar tampilan buah menarik, mudah dikemas, dan menghemat ruang pada saat pengangkutan maupun display di toko buah atau supermarket.

Cara Membuat Melon kotak

Bentuk buahnya yang kotak maka cocok dipakai sebagai hadiah maupun dikemas sebagai parcel buah. teknik memproduksi melon kotak sebagai berikut.

  1. Tetapkan ukuran kotak yang sesuai dengan varietas yang dikembangkan, dengan perhitungan di bawah ini.’
    • Teliti deskripsi varietas yang ditanam untuk mengetahui diameter buah standar untuk varietas tersebut, misalnya 16 cm. Tetapkan pula jari-jari lingkar buah, yaitu setengah diameter atau sama dengan 8 cm.
    • Tetapkan volume buah dengan rumus (4/3) x phi x r3 atau (4/3) x 3,14 x 83 = 2143,57 cm3; phi adalah konstanta untuk menghitung ukuran lingkaran (setara dengan 3,14), sedangkan r adalah jari-jari.
    • Volume tersebut setara dengan panjang x lebar x tinggi. Dengan demikian, sisi dari kubus tersebut adalah akar pangkat 3 dari 2143,57 cm3, atau sama dengan 12,9 cm.
  2. Persiapkan kotak dengan panjang sisi sesuai dengan perhitungan di atas. Bahan yang digunakan antara lain bisa papan kayu atau lempeng logam. Namun, bahan yang sudah terbukti baik dan kuat adalah dinding dari bahan acrylic. Buat kotak yang dapat dibuka pada bagian sampingnya dan diikat dengan klem besi agar kuat ketika dipasang.
  3. Budidayakan tanaman melon sesuai dengan standar optimum dari varietas tersebut agar volume buah sesuai deskripsi dapat tercapai.
  4. Ketika ukuran diameter buah sudah mencapai setengah dari ukuran normal, pasangkan kotak acrylic pada sekeliling buah dan dasar buah. Ikat kuat kotak dengan klem besi dan gantungkan pada ajir. Umumnya, hal ini dapat dilakukan pada umur 40—45 hari, tergantung varietas.
  5. Pastikan tidak ada air yang menggenang pada kotak yang terpasang untuk menjaga agar buah tidak busuk.
  6. Lima hari sebelum panen, buka kotak agar kualitas rasa dan penampilan luar memiliki daya saing tinggi.
Baca Juga:  Apa sih Keistimewaan Labu Kuning?

Sumber: Buku Berkebun Melon Unggul

loading...
loading...