Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri dengan Mudah

Pertanianku — Siapa pun bisa membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Minyak kelapa terdiri atas bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi.

membuat minyak kelapa
Foto: Google Image

Meski demikian, jenis lemak jenuh yang banyak terdapat pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat. Nah, untuk dapat merasakan manfaat baiknya, berikut ini langkah-langkah membuat minyak kelapa yang bisa Anda tiru.

  1. Merebus kelapa

Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

Loading...

Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

  1. Menyaring kelapa

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan, bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak.

Diamkan hasil perasan dalam wadah stoples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam stoples atau wadah.

  1. Mengendapkan kelapa

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil, kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.

Baca Juga:  Jangan Dibuang! Jadikan Kepala Udang sebagai Camilan

Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.

Tuangkan hasil juicer ke dalam stoples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sedangkan lapisan kental akan mengendap di dasar stoples. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke wadah baru.

Loading...
Loading...