Cara Membuat Minyak Melati

Pertanianku — Minyak melati telah digunakan di beberapa negara untuk membantu detoksifikasi tubuh serta meredakan gangguan pernapasan dan hati. Minyak ini memiliki banyak manfaat, mulai dari memperbaiki mood, meningkatkan gairah, memperbaiki imunitas dan memerangi infeksi, membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi gejala menopause, hingga relaksasi. Berikut ini langkah-langkah membuat minyak melati.

membuat minyak melati
foto: Pertanianku

Persiapan bahan baku

Bunga melati yang akan digunakan masih berumur satu hari menjelang mekar dan dipanen pada malam hari. Setelah dipanen, mahkota bunga (petal) dipisahkan dari tangkai dan kelopak bunga. Selanjutnya, letakkan petal di wadah penampung yang bersih agar terhindar dari kotoran yang dapat mencemari lemak pada saat ekstraksi. Petal siap diekstrak.

Ekstrak minyak melati

Proses pembuatan minyak melati hendaknya dilakukan pada malam itu juga, yaitu setelah proses pemanenan dan sortasi. Adapun proses ekstrak minyak asiri dari bunga-bungaan menggunakan metode lemak dingin.

Pertama, siapkan lempengan kaca setebal 1–2 cm, kemudian bersihkan lempengan tersebut agar terbebas dari debu dan kotoran. Selanjutnya, olesi permukaan kaca dengan lemak secara merata. Lemak berfungsi sebagai penyerap minyak atsiri. Lemak yang memiliki daya serap yang baik adalah shortening snow white.

Setelah itu, taburkan petal di atas lapisan minyak secara merata. Usahakan tidak ada petal yang menumpuk karena adsorbsi hanya terjadi pada petal yang bersentuhan langsung dengan lemak. Masukkan lempengan kaca tersebut ke rak tertutup dan biarkan selama satu hari.

Keesokan harinya, ganti petal lama dengan petal yang baru. Saat pergantian petal, usahakan lemak yang terbawa oleh petal lama tidak begitu banyak.

Pomade melati yang dihasilkan kemudian dipisahkan dari kaca dan diletakkan dalam wadah pelarut. Wadah pelarut bisa menggunakan botol kaca yang tidak mengikat atau menyerap larutan. Selanjutnya, larutkan pomade dengan alkohol panas dan aduk hingga homogen.

Baca Juga:  Khasiat Tanaman Gandapura sebagai Tanaman Obat

Larutan homogen tersebut selanjutnya disimpan dalam lemari pendingin hingga beku. Setelah beku, peras dan saring bekuan larutan hingga diperoleh larutan minyak bening. Buang ampas atau lilinnya. Langkah terakhir, evaporasi larutan jernih tersebut pada suhu rendah sehingga diperoleh absolute minyak melati.