Cara Membuat Mpon-Mpon, Minuman Tradisional Berkhasiat untuk Imun Tubuh

Pertanianku — Untuk menangkal infeksi virus Covid-19, salah satunya dengan mengonsumsi mpon-mpon, ramuan tradisional yang berkhasiat untuk tingkatkan imun tubuh. Mpon-mpon merupakan minuman herbal tradisional yang terdiri atas jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, dan sereh. Ramuan tradisional ini dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh karena mengandung beberapa zat yang dibutuhkan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

mpon-mpon
foto: pertanianku

Sosok yang mengenalkan mpon-mpon dan mengungkap khasiatnya adalah Prof Dr. drh. Chairul Anwar Nidom dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Prof. Nidom menyebutkan mpon-mpon mengandung curcumin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya badai sitokin dalam paru-paru yang diakibatkan oleh virus corona. Selain itu, minuman ini pun bisa meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak terserang virus. Formulasi mpon-mpon yang dibuat oleh Prof. Nidom adalah rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, temulawak, kunyit, dan sereh.

Formula mpon-mpon

Loading...

Rempah-rempah khas Indonesia ini memang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Misalnya, jahe yang bersifat menghangatkan tubuh dan memiliki kandungan antibiotik alami. Jahe juga mengandung vitamin C dan magnesium yang berkhasiat memperkuat sistem imun tubuh.

Sementara temulawak, selain meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh juga berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Kandungan curcumin pada temulawak penting dalam proses pembentukan imunitas tubuh. Selain itu, temulawak kaya akan anti-oksidan dan berkhasiat sebagai anti-inflamasi.

Pemanfaatan kunyit banyak sebagai rempah-rempah untuk bumbu dapur diyakini kaya manfaatnya bagi tubuh. Kunyit bermanfaat sebagai obat antikanker berkat kandungan curcumin di dalamnya. Kunyit juga berkhasiat meningkatkan proses penyembuhan luka karena bersifat antiseptik dan antibakteri. Selain itu, efektif terhadap penyakit peradangan, seperti penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, diabetes, dan lainnya.

Baca Juga:  Kampung Kopi Gombengsari, Agrowisata Kopi Organik di Banyuwangi

Selain aromanya yang khas, kayu manis juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa yang terkandung dalam kayu manis memiliki sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, antidiabetik, antimikroba, antikanker, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sereh mengandung vitamin A, B, dan C, magnesium, fosfor, zinc, zat besi, dan selenium yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan dan jaringan tubuh. Sereh juga berkhasiat sebagai antibakteri atau jamur dan membantu menyembuhkan pilek, batuk, flu, dan sumbatan umum karena polutan udara. Selain itu, sereh berfungsi sebagai anti-inflamasi, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan kadar gula darah.

Cara membuat minuman mpon-mpon  

Untuk membuat minuman tradisional mpon-mpon ini cukup mudah. Anda hanya perlu merebus semua bahan dan boleh ditambahkan sedikit gula merah untuk memberikan cita rasa yang lebih enak

Loading...
Loading...