Cara Membuat NFT dari Paralon untuk Berhidroponik

PertaniankuNutrient Film Technique (NFT) merupakan salah satu sistem yang digunakan dalam berhidroponik. Hidroponik sendiri adalah sistem bertanam yang menggunakan air sebagai media tanamnya. Sistem bertanam ini sangat cocok bagi Anda yang berada di daerah perkotaan. Lalu, bagaimana cara membuat NFT dari paralon untuk berhidroponik? Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

cara membuat NFT dari paralon
Foto: Google Image

Cara pertama

Alat serta bahan yang diperlukan di antaranya 6 buah talang air dengan panjang 1 m, 6 buah styrofoam berukuran 1 m yang akan dijadikan sebagai penutup dari talang air, dan pipa air sebagai benda aliran air. Pertama, buat 5 lubang di styrofoam yang akan dijadikan tempat tanam, dengan masing-masing ukuran lubangnya berdiameter 6 cm.

Pasang styrofoam ke talang air serta pasang pipa di ujung keduanya sebagai tempat untuk aliran air. Anda dapat menyusunnya secara vertikal dengan rak yang mungkin sudah Anda buat sendiri atau juga Anda dapat membuatnya. Cara menanam tumbuhannya juga mudah, Anda tinggal menaruh bibit tanaman lalu memasukkan rockwoll sebagai media tanam.

Cara kedua

Alat serta bahan yang diperlukan adalah bor listrik, gergaji besi, 2 buah paralon dengan diameter 3 inci, tang, 7 buah paralon dengan diameter 0,5 inci, dan 8 buah tutup paralon dengan ukuran 3 inci. Selain itu, siapkan juga pompa akuarium, selang, gelas plastik yang bagian bawahnya telah dilubangi, sekam bakar, paralon dengan bentuk L dan sambungan paralonnya mempunyai drat, ember, dan lem paralon, dan terakhir fiber.

Potonglah paralon hingga menjadi 3 dan 4 bagian, lalu beri lubang menggunakan bor listrik. Namun sebaiknya Anda mengukurnya sesuai keingan terlebih dahulu. Buat lubang di penutup paralon, pastikan agar lubangnya sesuai dengan drat untuk sambungan paralon.

Baca Juga:  Ingin Budidaya Kentang? Perhatikan Syarat Tumbuhnya

Buat instalasi, caranya Anda menyusun paralon dengan cara vertikal lalu pasang juga pipa air di ujung paralon. Di lain hal, Anda juga dapat memberikan sedikit kreativitas yang dapat disesuaikan dengan instalasi. Selanjutnya, pasang drat.

Lalu, pompa air selanjutnya dimasukkan ke ember yang sudah terdapat air nutrisi. Sambungkan pompa air dengan selang supaya air dapat mengalir menuju ke bagian atas. Setelahnya, Anda dapat memasukkan hasil pekerjaan media tanam yang telah Anda buat ke gelas plastik yang sudah diberi lubang sembari meletakkan bibit tumbuhan. Lalu, Anda dapat memasukkan gelas tersebut ke paralon.

Loading...