Cara Membuat Pakan Alternatif Agar Ayam Tumbuh Besar


Pertanianku — Pakan ayam merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam budidaya ayam. Namun, peternak seringkali mengeluhkan harga pakan ayam yang relatif mahal di pasaran. Nah, untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengakalinya dengan membuat pakan alternatif agar ayam tumbuh besar tanpa mengeluarkan biaya mahal.

membuat pakan alternatif
Pertanianku

Cara ini sangat efektif untuk Anda yang sedang beternak ayam kampung, ayam negri atau ras, dan jenis ayam lainnya. Selain menghemat biaya, pakan alternatif juga banyak sekali fungsinya. Misalnya, menambah nafsu makan ayam, tahan terhadap penyakit, meningkatkan produktivitas telur ayam kampung, serta menambah bobot ayam.

Dalam membuat pakan alternatif untuk ayam ini diperlukan bahan-bahan utama serta bahan tambahan. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Berikut ini bahan-bahan serta langkah pembuatan pakan alternatif untuk ternak ayam milik Anda.

  1. Pohon talas

Pohon talas banyak tersebar di Indonesia dan sudah pasti Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahannya. Gunakan umbi talas kemudian cincang hingga halus. Bagian batang dan daun juga bisa diberikan kepada ayam dengan cara yang sama, yaitu mencincangnya. Namun demikian, Anda tidak boleh memberikan bagian akar pohon talasnya. Anda bisa mencampur umbi, batang, dan daun talas untuk dijadikan pakan.

  1. Beras dolog atau catu

Beras dolog atau catu relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis beras pada umumnya dan bisa dijadikan pakan alternatif untuk ternak ayam Anda. Jika Anda membeli beras ini tentu lebih murah dari pakan ayam yang biasanya Anda beli.

  1. Dedak bekatul

Dedak bekatul bisa Anda dapatkan di pabrik penggiling beras. Dedak ada dua jenis, yaitu yang halus dan kasar. Anda bisa menggunakan dedak halus untuk pakan ayam. Dedak kasar juga bisa digunakan, tapi jangan terlalu banyak.

  1. Tepung tulang
Baca Juga:  Minyak Serai Multifaedah Diburu Pasar

Tepung tulang bisa Anda dapatkan ditoko peternakan terdekat. Sebenarnya, bahan ini tidak terlalu dibutuhkan. Namun, tepung tulang sangat baik untuk pakan ayam petelur. Tepung tulang kaya akan nutrisi untuk pakan. Jadi, sebaiknya Anda tambahkan untuk memperkaya kandungan gizi bagi ternak Anda.

Cara meracik pakan alternatif

Alat yang dibutuhkan:

  • Pisau cincang
  • Talenan
  • Ember
  • Kompor
  • Drum

Cara mebuat:

  • Cincang talas sampai halus atau kecil-kecil, cukup 1 s
  • Masukkan cincangan talas dalam ember, lalu campurkan dengan beras dolog, dedak, dan tepung tulang.
  • Aduk hingga merata.
  • Masukkan air secukupnya.
  • Rebus semua bahan di dalam drum.

Pastikan semua bahan hancur dan tercampur rata lalu rebus. Setelah Anda merebusnya, tiriskan sampai pakan buatan Anda itu menjadi dingin. Setelah itu, pakan yang Anda buat bisa diberikan kepada ternak ayam milik Anda.

loading...
loading...