Cara Membuat Pakan Alternatif Kambing di Musim Kemarau

Pertanianku — Musim kemarau menjadi masalah klasik bagi para peternak, terutama peternak kambing. Ini karena sebagian ternak kambing sangat bergantung pada pakan hijauan. Oleh karena itu, peternak harus memutar otak untuk mengatasi hijauan yang sulit didapatkan saat musim kemarau. Padahal, peternak bisa membuat pakan alternatif kambing di musim kemarau seperti berikut.

pakan alternatif kambing di musim kemarau
Foto: Pixabay

Dedak bekatul

Dedak, yaitu salah satu pakan alternatif yang berasal dari tumbukan kulit padi pada saat proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak bekatul ini sudah sangat umum digunakan oleh peternak karena bahannya mudah dicari dan cara pemberian pakannya tergolong sangat mudah. Cara penyajiannya adalah dedak dicampur dengan air, baik air hangat maupun dingin hingga seperti bubur, kemudian berikan pada ternak.

Loading...

Dedak bekatul merupakan pakan yang banyak digunakan untuk unggas dan juga campuran pakan lainnya seperti pelet yang dihasilkan untuk pakan ikan. Dedak dipilih sebagai pakan kambing alternatif karena harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan pakan lainnya yang mahal dan mudah didapatkan dan tidak tergantung dengan musim.

Jerami kering

Pada umumnya petani yang sedang panen padi memanfaatkan jeraminya sebagai bahan pakan ternaknya karena saat panen jumlah jerami sangat banyak. Para petani biasanya mengeringkan jerami tersebut supaya dapat dimanfaatkan di lain waktu. Jerami umumnya disimpan dalam lumbung pakan. Dengan begitu, pada saat kesulitan mencari pakan, jerami kering ini dapat dimanfaatkan.

Pakan konsentrat

Cara membuat pakan kambing alternatif di musim kemarau, yaitu dengan membuat konsentrat pakan kambing. Konsentrat ini dibuat secara khusus dengan memanfaatkan beberapa sumber pakan lainnya yang ada di sekitar kita.

Komposisi konsentrat pakan kambing alternatif adalah dedak bekatul halus 80 persen, onggok 2,5 persen, jagung giling 15 persen, dan garam 2,5 persen. Bahan tersebut dicampur secara rata, kemudian diberikan langsung pada ternak. Jadi, konsentrat ini aman untuk persediaan pakan di kala musim kemarau.

Baca Juga:  Cara Menurunkan Suhu Rumah Burung Walet

Rumput kering

Pada musim penghujan, banyak tumbuh rerumputan hijau, biasanya para petani memanfaatkannya sebagai pakan ternak. Rumput tersebut dikeringkan sehingga dapat disimpan lebih lama untuk dijadikan sebagai persediaan pakan kambing alternatif saat kemarau nanti.

Loading...
Loading...