Cara Membuat Pestisida Alami dari Ekstrak Daun Mimba

Pertanianku — Mimba atau Azadirachita indica merupakan salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai pestisida alami untuk mengendalikan serangan hama. Tanaman ini dapat dijumpai di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan NTB. Tumbuh di dataran rendah dan kering dari ketinggian 0—800 m dpl. Daun mimba sangat berpotensial membantu petani mengurangi penggunaan pestisida kimia, apalagi jika di daerahnya terdapat tanaman mimba.

daun mimba
foto: Pixabay

Daun mimba mengandung alkaloid, steroid, saponin, tannin, dan flavanoid. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam saluran akar infektif dan bersifat toksik rendah terhadap sel inangnya.

Bagian tanaman yang dapat digunakan untuk diekstrak menjadi pestisida alami adalah daun dan biji tanaman yang mengandung senyawa aktif azadiraktif. Selain bersifat sebagai insektisida, mimba juga berfungsi sebagai fungisida, virusida, nematisida, bakterisida, dan akarisida.

Pestisida alami dari daun mimba butuh dicampur dengan bahan herbal lainnya agar khasiatnya semakin bagus. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain lengkuas, serai, air cucian beras, dan air. Berikut ini bahan dan cara membuat pestisida alami dari mimba seperti dikutip dari laman kepri.litbang.pertanian.go.id.

Bahan-bahan:

  • 6 kg daun mimba
  • 6 kg lengkuas
  • 6 kg serai
  • 10 liter air cucian beras
  • 10 liter air

Cara membuat:

  • Campurkan mimba, lengkuas, dan serai, kemudian haluskan dengan blender atau tumbukkan.
  • Masukkan dan aduk bahan yang sudah halus ke dalam air cucian beras dan air biasa.
  • Rendam selama 24 jam.
  • Keesokannya saring ramuan dan tambahkan 60 liter air.

Larutan tersebut bisa digunakan untuk melindungi tanaman pada lahan seluas 1 hektare. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore atau pagi hari dan berikan pestisida tersebut pada bagian tanaman yang terserang hama atau bagian yang ingin dilindungi dari serangan hama.

Baca Juga:  Teknik Pemeraman Buah Pisang

Pestisida mimba dapat digunakan pada tanaman hortikultura, seperti sayuran cabai, kubis, dan tanaman sayuran lainnya. Kinerja pestisida alami memang tidak secepat pestisida yang mengandung bahan kimia. Namun, pestisida ini terbukti ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu pada lingkungan dan hasil panen. Dengan begitu, hasil panen yang didapatkan akan jauh lebih sehat untuk manusia.