Cara Membuat Pestisida Nabati dari Kecombrang


Pertanianku — Kecombrang banyak digunakan sebagai rempah dan bahan obat herbal. Selain itu, kecombrang juga sangat bermanfaat sebagai bahan baku untuk membuat pestisida nabati. Membuat pestisda nabati dari kecombrang bisa Anda praktikkan di rumah dengan cara yang cukup mudah.

Membuat pestisda nabati dari kecombrang
Foto: Pixabay

Hasil pengujian menggunakan GCMS (gas chromatography mass spectra) dengan senyawa kimia utama monoterpen, ekstrak bunga kecombrang mampu bersifat fungisida.

Ekstak kecombrang tersebut dapat menjadi pestisida nabati terutama untuk membasmi jamur Penicillium dan Aspergillus yang menyebabkan penyakit busuk buah pada buah stroberi, anggur, mangga, dan salak pascapanen.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Mudah saja, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat pestisida nabati tersebut.

Bagian tanaman yang terdiri atas daun, bunga, batang, dan rimpang ditumbuk hingga halus agar mudah dikemas. Setiap100 gram bagian tanaman yang sudah ditumbuk, dilarutkan ke dalam 1 liter air. Setelah itu, diaduk hingga merata, kemudian diperas sambil disaring. Hasil larutan disemprotkan ke bagian buah yang belum masak sempurna.

Berdasarkan hasil kajian setelah dilakukannya pengamatan terhadap manfaat kecombrang sebagai pestisida nabati dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. In Vitro

Menunjukkan bahwa ekstrak bunga kecombrang pada konsentrasi 48—50% dapat menghambat pertumbuhan jamur putih hingga 90% pada media PDA.

  1. In Planta

Aplikasi ekstrak bunga kecombrang mampu menghambat pertumbuhan jamur putih pada buah salak lepas tandan atau yang masih menempel pada tandan. Ekstrak murni bunga kecombrang bahkan mampu melindungi buah salak hingga 100% dari infeksi jamur putih. Selain untuk tanaman salak, ekstrak bunga kecombrang juga efektif sebagai alternatif pencegahan penyakit antraknosa pada tanaman cabai.

Baca Juga:  Yuk, Kenali Ragam Produk Olahan Moringa
loading...
loading...