Cara Membuat Pupuk Kandang dari Kotoran Kambing

Pertanianku — Kotoran kambing termasuk limbah peternakan yang bisa diolah menjadi pupuk kandang. Sudah bukan hal asing jika kotoran kambing diolah menjadi pupuk tanaman. Apalagi di tengah tren urban faming yang sudah mulai mengarah pada sayuran organik. Para produsen sayuran organik pasti sangat membutuhkanya sebagai salah satu komponen untuk menyuburkan tanaman mereka.

kotoran kambing
foto: Pertanianku

Kondisi tersebut seharusnya menjadi peluang yang menjanjikan untuk para peternak kambing. Peternak dapat menghasilkan tambahan dari pengolahan kotoran, ketimbang kotoran dibuang begitu saja dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Meski pendapatan yang dihasilkan tidak begitu besar seperti penjualan produk susu atau daging kambing, setidaknya peternak turut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan.

Cara pengolahan pupuk kambing sebenarnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya berupa kotoran kambing, dedak, sekam, daun tegetes, dan kacang babi. Berikut ini cara membuat pupuk kandang dari kotoran kambing.

Bahan-bahan:

  • 600—800 kg kotoran kambing
  • 50 kg dedak
  • 150 kg sekam
  • 15 kg daun tagetes
  • 15 kg kacang babi
  • 1 liter EM4
  • 200 ml molase atau 250 gram gula putih lokal atau gula aren yang dilarutkan dengan 1 liter air
  • Air bersih secukupnya

Cara membuat:

  1. Hancurkan semua bahan hingga halus, lalu campur hingga merata.
  2. Siram sebanyak 200 liter molase atau larutan gula dan 1 liter EM4 untuk mempercepat proses pemupukan.
  3. Siram bahan dengan air bersih secukupnya hingga seluruh permukaan bahan organik terasa lembap, jangan sampai malah membuat kotoran menjadi becek.
  4. Tutup pupuk dengan menggunakan karung dan diamkan selama dua minggu hingga satu bulan. Setelah pupuk matang, pupuk sudah siap digunakan.

Seluruh bahan tersebut dapat menghasilkan pupuk kambing sebanyak 1 ton pupuk. Pastikan pupuk sudah benar-benar matang dengan ciri-ciri tidak berbau dan berwarna hitam. Pupuk kandang yang belum matang justru dapat membahayakan tanaman karena proses fermentasi yang masih berlangsung. Pupuk kotoran kambing dapat diberikan ke tanaman sayur dengan dosis sebanyak 50—200 gram.

Baca Juga:  Kiat Basmi Hama Boleng pada Ubi Jalar