Cara Membuat Pupuk POC dari Kaldu Ikan


Pertanianku — Ikan merupakan salah satu sumber pangan yang memiliki gizi tinggi. Kandungan protein di dalamnya sangat bermanfaat bagi manusia. Bagaimana jika kaldu ikan tersebut dijadikan pupuk organik cair (POC)?

kaldu ikan
Foto: Pixabay

Kandungan nutrisi dalam kaldu ikan dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tanaman. Seperti yang kita ketahui bersama, tanaman membutuhkan nutrisi dalam bentuk unsur hara makro, unsur hara makro sekunder, dan unsur hara mikro. Berikut ini cara membuat POC dari kaldu ikan.

Alat dan bahan

  • Kaldu ikan sebanyak 150 gr
  • Air kelapa secukupnya
  • Tetes tebu sebanyak 50 gr, bisa diganti pula dengn larutan gula merah atau larutan gula pasir biasa
  • EM4 sebanyak 4 tutup botol
  • Botol plastik ukuran 1 liter
  • Corong

Cara membuat

  1. Kaldu ikan bisa diperoleh dari tempat-tempat pengolahan ikan atau katering yang masakannya berbahan dasar ikan. Kemudian, masukkan ke botol plastik ukuran 1 liter kaldu ikan yang telah Anda persiapkan.
  2. Selanjutnya, masukkan tetes tebu ke botol plastik tersebut, kocok-kocok hingga kedua bahan tercampur dengan rata dan tidak ada lagi endapan yang tersisa di dasar botol.
  3. Selanjutnya, masukkan air kelapa melalui corong, sisakan ruang hingga seperempat dari permukaan botol. Ruang ini akan berguna ketika proses fermentasi pupuk berlangsung. Dalam pembuatan POC ini, akan timbul gas CO2 dari dalamnya. Jika tidak diberi ruang, larutan pupuk tersebit akan menimbulkan ledakan kecil.
  4. Kocok-kocok bahan tersebut agar kembali tercampur rata.
  5. Tambahkan 4 tutup botol EM4 pada larutan tersebut, kocok-kocok untuk terakhir kali dan tutup botol plastiknya dengan rapat.
  6. Simpan larutan POC tersebut selama kurang lebih 21 hari atau tiga minggu.
  7. Pada hari ke-3, buka tutup botol agar udara di dalam botol plastik tersebut bisa keluar dan tidak menimbulkan ledakan.
  8. Setelah itu, secara rutin tutup botol dibuka setiap hari hingga pupuk POC kaldu ikan matang. Ciri-ciri yang bisa kita lihat adalah berkurangnya gas yang dihasilkan oleh larutan tersebut.
Baca Juga:  Teknik Sederhana Bertanam Brokoli dalam Pot