Cara Membuat Saus Tomat di Rumah Secara Sederhana

Pertanianku — Saus tomat biasanya digunakan untuk cocolan burger atau membuat pasta, lasagna, dan makanan Itali lainnya. Nah, daripada membeli saus tomat botolan yang sudah mengandung bahan pengawet dan dalam jangka panjang memberi efek buruk pada kesehatan, lebih baik Anda membuatnya sendiri. Namun, bagaimana cara membuat saus tomat di rumah?

cara membuat saus tomat di rumah
Foto: Pexels

Tomat merupakan sayuran buah yang kaya vitamin C dan merupakan tanaman sayur yang sering ditanam di pekarangan rumah. Adakalanya pohon tomat berbuah berbarengan dan sulit untuk dihabiskan dalam sekali makan atau dalam waktu beberapa hari.

Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengolah tomat menjadi bumbu campuran pada masakan sehingga dapat digunakan di kemudian hari. Salah satunya adalah saus tomat.


Loading...

Cara membuat saus tomat

  1. Buang biji tomat matang, kupas kulitnya dan bagi menjadi dua.
  2. Masukkan tomat ke panci dan masak di atas api sedang sampai volumenya berkurang setengah.
  3. Tambahkan air yang cukup untuk mengembalikan volume awal.
  4. Tambahkan daun salam, bawang putih cincang, garam, dan merica secukupnya sambil diaduk.
  5. Masak kembali tomat dengan api kecil selama 30 menit, kemudian tambahkan oregano atau rempah-rempah favorit lain secukupnya, serta tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun.

Sajikan segera sebagai tambahan resep pasta atau simpan di dalam kulkas. Agar lebih tahan lama, simpan dalam wadah tertutup rapat dan masukkan ke freezer. Bila disimpan dalam freezer, saus tomat akan tahan beberapa bulan. Sementara, bila disimpan di kulkas, saus tomat hanya dapat bertahan seminggu.

Baca Juga:  Syarat-syarat Penting Budidaya Apel
Loading...
Loading...