Cara Membuat Sohun Sehat

Pertanianku — Sohun merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok. Sohun sering disebut soun, dalam bahasa Mandarin sohun artinya mi benang. Di Korea, sohun disebut dangmyeon. Sohun terbuat dari pati dan air. Seperti jenis mi lainnya, cara membuat sohun juga dapat ditambahkan dengan bahan pelengkap yang mengandung gizi tambahan, seperti vitamin, mineral, dan protein.

Cara Membuat Sohun
foto: pertanianku

Pati yang biasa digunakan dalam pembuatan sohun adalah tapioka, pati sagu, pati gayong, pati jagung, dan pati ubi. Untuk membuat sohun sehat, Anda dapat menggunakan bahan sayur-sayuran, umbi-umbian, dan kacang-kacangan. Misalnya wortel, bayam, dan bit yang digunakan sebanyak 500 gram untuk setiap 5.000 gram tapioka.

Berikut cara membuat sohun sehat yang dapat Anda ikuti.

Loading...

Bahan-bahan:

  • Tepung tapioka 5.000 gram
  • Air 4.000 cc
  • Minyak kelapa 5 sendok makan

Cara membuat:

  1. Campurkan 500 gram tepung tapioka dengan air, lalu masak adonan dengan api sedang hingga adonan mengental.
  2. Masukkan adonan tepung tapioka yang sudah kental ke dalam sisa tepung tapioka.
  3. Aduk adonan hingga rata dan kalis.
  4. Cetak adonan yang sudah kali dengan ekstruder hingga terbentuk lembaran-lembaran.
  5. Masukan sohun yang sudah tercetak ke dalam loyang yang telah diolesi dengan minyak. Lalu, letakan adonan di atas kukusan.
  6. Kukus adonan hingga matang atau hingga adonan menjadi transparan.
  7. Adonan yang sudah dikukus harus dikeringkan di dalam alat pengering.
  8. Sohun sudah jadi. Sohun dapat langsung digunakan untuk dioleh menjadi beragam masakan atau langsung dikemas dalam plastik dan ditutup rapat dengan sealer.

Sohun dijual dalam keadaan kering dan terlipat seperti sarang burung. Sohun biasanya diolah dengan cara direbus agar menjadi lunak. Banyak makanan khas Nusantara yang menggunakan sohun sebagai bahan pelengkapnnya. Namun, sohun bisa langsung digoreng hingga garing.

Baca Juga:  Resep Sate Bebek Mudah dan Lezat

Dalam sohun terkandung kalori sebesar 36 kkal, protein 8,7 gram, lemak 0,4 gram, karbohidrat 78,7 gram, kalsium 20 mg, fosfor 80 mg, besi 0,3 mg, vitamin B1 0,10 mg, dan air 11,7 gram.

Loading...
Loading...