Cara Membuat Tabulampot Kombinasi dengan Sambung Pucuk

Pertanianku­ — Cara membuat tabulampot kombinasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan teknik sambung pucuk. Teknik ini dilakukan dengan menyatukan antara pucuk (sebagai calon batang atas) dan batang bawah. Tujuan dari sambung pucuk adalah membentuk tanaman baru yang saling menyesuaikan diri secara kompleks.

membuat tabulampot kombinasi
foto: pertanianku

Syarat untuk membuat tabulampot kombinasi secara sambung pucuk ialah diameter batang tanaman yang akan disambungkan (bagian atas/entris) berukuran sama besar atau lebih kecil dari batang bawah. Kulit kambium lebih tebal dan getahnya lebih banyak. Proses penyambungan harus dilakukan saat cuaca sedang cerah, angin yang bertiup tidak terlalu kencang, dan dilakukan di tempat yang teduh.

Contoh tanaman yang dapat dikombinasikan dengan teknik sambung pucuk adalah jambu air, jambu biji, jeruk, mangga, dan lain-lain.

Alat penunjang untuk membantu Anda adalah kantong plastik transparan, tali plastik atau tali rapia, gunting pangkas, dan pisau.

Cara penyiapan batang bawah dilakukan dengan memilih tanaman yang memiliki percabangan lebih dari dua dan tumbuhnya seimbang. Lalu, potong cabang tanaman yang telah dipilih sepanjang 10—15 cm dari batang pokok.

Untuk persiapan batang atas (entris) dilakukan dengan memilih tanaman yang akan diambil untuk dientris. Entris yang dipilih sebaiknya jangan terlalu tua atau terlalu muda, pilihlah entris yang sudah cukup umur. Ambil entris dengan panjang 15—20 cm. Pastikan ukuran diameter entris sama dengan batang bawah atau setidaknya lebih kecil dari batang bawah. Biasanya, ukuran cabang yang diambil sebesar telunjuk atau batang pensil.

Buang 3—4 helai daun yang dekat dengan pangkal, potong hingga tersisa 3—4 daun. Potong daun sisa menjadi ¼ bagiannya. Tujuan dari pembuangan daun ini adalah untuk mengurangi penguapan cabang. Iris pangkal potongan batang pada kedua sisi yang berlawanan sehingga menjadi pipih dan runcing ke ujungnya. Panjang irisan sama dengan belahan pada batang bawah (1—1,5 cm).

Baca Juga:  Pasar Tani Goes to Mall Perdana di Yogyakarta

Sebelum menggabungkan kedua batang, iris kembali hasil potongan batang bawah yang sudah kering. Tujuannya adalah untuk memperoleh irisan yang masih segar. Lalu, belah dua ujung hasil potongan sepanjang 1—1,5 cm sebagai tempat untuk menempel batang atas. Masukkan batang atas ke ujung batang bawah yang sudah terbelah.

Ikat sambungan dengan tali plastik transparan atau tali rapia agar tidak lepas. Pengikatan dilakukan dengan cara tidak terlalu kencang tetapi tidak terlalu kendor juga. Sisakan tali untuk mengikat kantong plastik.

Tutup bagian yang telah disambung dengan plastik transparan, lalu ikat dengan tali plastik sisa. Tempatkan tanaman di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

 

 

 

 


loading...