Cara Membuat Tanaman Unik, Bonsai Cabai


Pertanianku – Seperti yang kita ketahui, biasanya tanaman bonsai dibuat dari pohon beringin yang dikerdilkan. Namun, tidak dengan bonsai yang satu ini, yang dibuat dari tanaman cabai. Sangat unik bukan?

Bonsai cabai bisa menjadi pilihan bisnis menguntungkan di tengah gejolak harga cabai yang masih sering terjadi. Bonsai cabai pun dapat dijual sebagai tanaman hias dengan harga jual yang cukup tinggi.

Cara menanamnya juga mudah dilakukan, yang terpenting bisa membuat tanaman cabai dalam pot tumbuh sehat, berbuah lebat dan tetap kerdil serta proporsional.

Untuk membuat bonsai cabai, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, di antaranya sebagai berikut.

Langkah pertama

Pilih tanaman cabai yang tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan karakterik tanaman bonsai, yaitu memiliki jarak antara akar dan ujung ranting berkisar 20 cm. Agar bentuk bonsai indah, pilih jenis cabai yang rantingnya berkelok indah dan mudah dibentuk.

Selain itu, pilih tanaman cabai yang akarnya bagus, buang beberapa akar serabutnya untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dalam pot. Cabut tanaman cabai kemudian pangkas batang dan akar serabutnya agar siap menjadi bakalan bonsai.

Pemilihan pot untuk tanaman bonsai juga menjadi salah satu cara membuat bonsai cabai tampil menarik. Pemilihan pot ini harus disesuaikan dengan ukuran tanaman cabai. Nilai seni yang dapat meningkatkan nilai jual tanaman bonsai cabai, juga sangat ditentukan oleh dari pot yang digunakan.

Langkah kedua

Tanam bibit cabai pada pot dan tunggu beberapa minggu sambil tetap menyiram dan memberi pupuk secara teratur. Setelah beberapa minggu akan muncul tunas-tunas akan menghasilkan daun-daun serta buah-buah cabai.

Jika sudah tumbuh cukup banyak, lakukan pemangkasan batang cabai secara berkala. Pemangkasan ini dilakukan pada daun-daun yang sudah besar dan tua untuk membantu daun muda terus tumbuh dengan subur.

Baca Juga:  Benarkah Bunga Mawar Sudah Terkenal Sejak Zaman Ratu Mesir Cleopatra?

Agar memudahkan bonsai cepat berbuah dan mempercantik juga bentukannya, berikanlah pencepat atau perangsang agar buah cepat dihasilkan oleh tanaman bonsai cabai tersebut. Jika berhasil, Anda akan mendapatkan tanaman bonsai cabai yang cantik dan memiliki nilai jual sangat tinggi.

Bagaimana, Anda tertarik membuat bonsai cabai sendiri di rumah?

loading...
loading...