Cara Membuat Tempe Benguk

    Pertanianku — Ada banyak jenis tempe yang bisa Anda konsumsi. Setiap jenis tersebut memiliki rasa serta ciri khasnya masing-masing. Salah satu jenis tempe yang harus Anda ketahui adalah tempe benguk. Tempe benguk merupakan olahan tempe yang terbuat dari kacang benguk atau kacang kara. Bentuknya hampir sama seperti tempe biasanya, hanya saja ukuran kacang kara lebih besar serta rasanya sedikit berbeda dibanding tempe lainnya. Tempe ini sering digunakan dalam menu makanan tradisional di Yogyakarta.

    tempe benguk
    foto: http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/

    Kacang kara merupakan tanaman kacang-kacangan yang tumbuh merambat dan bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Kacang ini dapat menjadi salah satu bahan untuk membuat tempe. Tempe yang terbuat dari biji kara benguk umumnya berukuran besar dan terlihat gemuk.

    Biji kara yang mentah memiliki racun yang berbahaya sehingga biji kara harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan racun pada biji.

    Loading...

    Dibandingkan dengan jenis tempe lainnya, tempe benguk membutuhkan cara pengolahan khusus, terutama pada proses perebusan dan pencucian biji. Berikut ini cara membuat tempe benguk.

    1. Siapkan biji kara benguk dan rebus sampai masak agar kulit biji dapat dibuang dengan mudah.
    2. Selanjutnya, rendam biji benguk dengan air mengalir untuk menghilangkan racunnya. Biji harus direndam selama dua hari dua malam. Selama perendaman, racun di dalam biji akan keluar terbawa air mengalir tersebut.
    3. Biji yang sudah bersih dari racun langsung dicincang halus.
    4. Kukus biji benguk yang sudah dicincang.
    5. Selanjutnya, tumbuk cincangan biji benguk yang sudah dingin dan taburkan ragi.
    6. Cetak benguk dan bungkus dengan dan pisang, kemudian peram selama dua hari, tempe benguk pun sudah siap untuk dikonsumsi.

    Tempe ini bisa Anda jumpai di pasar dan dijual dalam bentuk matang. Tempe ini cocok dijadikan tempe bacem atau digoreng. Rasa tempe ini memang sedikit pahit dan tidak segurih tempe kedelai. Namun, karena sudah dikonsumsi turun-temurun, tempe benguk menjadi kekayaan kuliner Indonesia yang sering diburu oleh masyarakat.

    Baca Juga:  Daun Dewa, Daun Lalapan yang Berkhasiat

     

     

     

     

     

    Loading...
    Loading...