Cara Membuat Tepung Bekicot untuk Pakan Ayam

Pertanianku — Bekicot biasa digunakan sebagai pakan ikan air tawar karena merupakan sumber protein yang baik. Ternyata, bekicot pun bisa dijadikan sumber protein untuk pakan ayam. Bekicot yang dimanfaatkan untuk pakan ayam bisa dibuat menjadi tepung terlebih dahulu agar mudah dicampur dengan bahan lain. Pembutan tepung bekicot terbilang cukup mudah, Anda bisa membuatnya sendiri.

tepung bekicot
foto: pertanianku

Penggunaan tepung bekicot dalam komposisi pakan ayam biasanya hanya sebanyak 10 persen. Namun, jika tepung diolah dengan cara direbus dahulu selama 15—20 menit dan ditambahkan dengan larutan garam, penggunaan tepung bekicot dapat bertambah menjadi 20 persen. Ada tiga jenis tepung bekicot yang bisa Anda jumpai, yaitu tepung mentah, tepung rebus, dan tepung rebus dengan larutan garam.

Tepung mentah

Loading...

Tepung mentah dibuat dari daging bekicot yang sudah dikeluarkan dari cangkang dan dibersihkan dengan air mengalir. Selanjutnya, daging dikeringkan dan digiling hingga halus.

Tepung rebus

Bekicot direbus terlebih dahulu selama 10—20 menit, lalu daging dipisahkan dari cangkang dan isi perutnya. Cuci bersih daging pada air mengalir dan keringkan. Setelah kering, daging sudah bisa digiling menjadi tepung.

Tepung dengan larutan garam

Bekicot direbus dalam larutan garam selama 15 menit. Larutan garam tersebut dibuat dengan melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air. Volume larutan tersebut dapat merebus 50 kg bekicot. Selanjutnya, pisahkan daging dengan cangkangnya dan giling bekicot hingga halus.

Kandungan protein kasar tepung mentah sebesar 59,27 persen, lebih banyak dari tepung rebus yang hanya 57,71 persen. Namun, kandungan lemak pada tepung rebus lebih rendah hanya 2,44 persen dibanding tepung mentah sebesar 3,62 persen.

Tepung rebus memiliki beberapa kelebihan kandungan yang tidak dimiliki oleh tepung mentah, yaitu kandungan BETN sebesar 22,02 persen, abu 7,04 persen, dan GE (gross energy) sebesar 3,842 kkal/kg.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Tepung rebus memiliki serat 1,27 persen, lebih rendah daripada serat tepung mentah yang sebesar 2,47 persen. Adapun bahan kering tepung mentah sebesar 92, 41 persen, sedangkan tepung rebus sebesar 90,48 persen.

Dalam tepung bekicot juga mengandung asam amino yang berguna untuk pertumbuhan ayam. Asam amino tersebut adalah lisin, histidine, arginin, asam aspartate, threonine, serin, asam glutamate, prolin, glisin, alanin, cystin, valin, metionin, isoleusin, leusin, tyrosin, dan phenilalanin.

 

Loading...
Loading...