Cara Membuat Tepung Daun Turi, Pakan Ayam Bernutrisi


Pertanianku — Pada bisnis ternak ayam, pakan menjadi salah satu komponen yang cukup menguras biaya. Total yang dikeluarkan untuk pakan ternak biasanya mencapai 60 persen. Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat pakan alami dari tepung daun turi. Cara membuat tepung daun turi untuk pakan ayam tidaklah sulit dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara membuat tepung daun turi
Foto: Google Image

Pohon turi yang memiliki nama Latin sesbania grandiflora ini banyak ditanam oleh petani, biasanya ditanam di guludan-guludan sawah dan di pinggir jalanan sawah sebagai pohon peneduh. Tepung daun turi merupakan sumber serat kasar.

Tepung tersebut sangat baik digunakan sebagai bahan campuran pakan ternak unggas petelur. dan juga kandungan kadar serat kasar dalam jumlah tertentu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam telur yang dihasilkan. Tepung daun turi dibuat dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan cara yang cukup mudah sebagai berikut.

Daun turi dicuci terlebih dahulu, kemudian dijemur di bawah terik matahari sampai kering. Daun turi yang telah kering kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk biasa menggunakan alu atau dapat digiling menggunakan mesin penggiling. Untuk mendapatkan tepung daun turi, hal terakhir yang dilakukan adalah mengayak daun yang sudah digiling halus sehingga didapatkan tepung yang halus.

Sebagai bahan pakan ternak manfaat lain yang didapatkan dari menggunakan tepung daun turi ini adalah ayam akan lebih tahan terhadap beberapa penyakit di antaranya mencret, berak darah, serta akan mempercepat proses penyembuhan luka pada ayam dan dapat mengobati radang yang terjadi pada organ dalam ayam.

Selain itu, bagi peternak yang khusus beternak ayam petelur, penambahan tepung daun turi pada pakan akan berpengaruh terhadap warna kuning telur yang semakin baik.

Baca Juga:  Wafer Pakan Ternak Ruminansia, Begini Cara Membuatnya!

Setiap gram tepung yang dihasilkan dari daun turi banyak mengandung protein yang tinggi dan berkualitas. Komposisi protein kasar yang terkandung untuk daun turi yang berbunga merah, yakni sekitar 31,68 persen. Sementara, daun turi yang berbunga putih mengandung kadar protein kasar 40,62 persen dan juga kandungan serat kasar yang rendah di bawah 18 persen.

Namun demikian daun turi memiliki kandungan zat antinutrisi, yaitu saponin dan tanin sehingga untuk penggunaan pakan ternak harus diperhatikan intensitasnya agar tidak terlalu berlebihan. Amannya, kuantitas pakan tepun daun turi ini sekitar 5 persen dari total pemberian pakan.

loading...