Cara Membuat Tepung Temulawak untuk Obat Ayam yang Sakit

Pertanianku — Salah satu cara untuk menyembuhkan ayam yang sedang sakit adalah menggunakan bahan herbal yang terbuat dari berbagai jenis rempah, salah satunya tepung temulawak. Penggunaan bahan herbal lebih disukai karena dianggap tidak meninggalkan residu bahan kimia sehingga daging ayam menjadi lebih sehat.

tepung temulawak
foto: pexels

Temulawak menjadi salah satu tanaman rimpang berkhasiat sebagai obat sehingga banyak peternak yang mengolahnya menjadi tepung temulawak. Penggunaan tanaman rimpang sebanyak 3—9 persen dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak daging pada daging ayam. Jika tepung yang digunakan sebanyak 9 persen, penurunan kolesterol, lemak daging, dan lemak abdominal terjadi cukup tinggi.

Daging ayam yang bebes dari residu bahan kimia serta lebih rendah kolesterol sangat disukai oleh masyarakat dan bernilai jual yang cukup tinggi. Pasalnya, saat ini sedang marak tren gaya hidup sehat di tengah maraknya kasus obesitas. Daging ayam merupakan sumber protein yang mudah untuk digunakan. Oleh karena itu, penggunaan tepung temulawak yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam daging menjadi pilihan yang berpotensi untuk dicoba.

Loading...

Tepung ini bisa dijadikan sebagai bahan campuran pakan buatan atau ransum yang diberikan pada ayam broiler pada fase starter. Ransum tersebut bisa terdiri atas jagung kuning sebanyak 51,5 persen, bungkil kedelai 12,8 persen, CGM 12 persen, tepung ikan 9 persen, CPO 3,5 persen, DCP 0,5 persen, CaCO3 1 persen, tepung temulawak 9 persen, Dl-metionin 0,1 persen, L-lisin 0,1 persen, dan premix 0,5 persen.

Formula pakan ransum tersebut mengandung komposisi: nutrien energi metabolis 2.900 kkal, protein kasar 21 persen, serat kasar 2 persen, Ca 1 persen, P 0,48 persen, metionin 0,5 persen, dan lisin 1 persen.

Anda bisa mengolah tepung temulawak tersebut sendiri di rumah. Berikut ini tahapan pembuatan tepung tanaman rimpang yang bisa Anda ikuti.

  1. Cuci bersih rimpang temulawak yang akan dibuat menjadi tepung.
  2. Iris tipis-tipis temulalwak agar menjadi bagian-bagian kecil untuk memudahkan proses pengeringan menjadi lebih cepat dan merata.
  3. Masukkan tanaman rimpang ke oven untuk dikeringkan.
  4. Setelah kering, temulawak didiamkan sebentar.
  5. Giling temulawak dengan mesin penggiling hingga sedikit halus.
  6. Tepung temulawak sudah siap digunakan untuk dicampur ke dalam formula ransum.
Baca Juga:  Permasalahan yang Kerap Timbul Saat Penetasan Telur Itik

 

 

 

Loading...
Loading...