Cara Memelihara Ayam Kampung Menjadi Ayam Petelur

Pertanianku — Dalam keadaan biasa, ayam kampung yang Anda miliki akan menjadi ayam pedaging. Telur yang dihasilkan berupa telur tetas yang sudah dibuahi dan jangka waktu antarperiode bertelur yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara memelihara ayam kampung petelur yang benar agar ayam bisa bertelur secara kontinu.

ayam kampun petelur
foto: Pertanianku

Aspek budidaya yang paling berpengaruh terhadap hasil usaha adalah perkandangan, pemberian pakan, dan penghilangan sifat mengeram ayam kampung. Berikut ini cara merawat ayam kampung petelur yang dapat Anda ikuti.

Sebelum bertelur

Masa sebelum bertelur terbagi menjadi dua, yaitu saat ayam berumur 3–4 bulan dan 4–5 bulan. Tiap masa pertumbuhan tersebut, ayam kampung memerlukan pakan yang berbeda-beda.

Apabila masa pembibitan dan pemeliharaan ayam sebelum bertelur berjalan dengan baik, ayam sudah mulai bertelur pada umur 5–6 bulan. Namun, bila Anda menggunakan bibit ayam di pasar, bibit tersebut perlu diadaptasi terlebih dahulu dengan kandang baterai. Kondisi ini dapat menyebabkan waktu bertelur ayam mundur selama 2–3 minggu.

Masa bertelur

Ayam sudah mulai memasuki masa bertelur saat berumur lima bulan. Pada masa ini kebutuhan pakan ayam berubah, ayam membutuhkan pakan lebih banyak. Kesalahan pemilihan pakan pada masa ini dapat menyebabkan penurunan produksi telur. Bahkan, yang terburuk adalah ayam tidak mau bertelur karena ayam cenderung menjadi ayam pedaging.

Selain masalah pakan, Anda juga mesti lebih waspada terhadap kebiasaan mengeram ayam. Dalam keadaan normal induk akan mengerami telur selama tiga minggu. Sifat mengeram ini tentu kurang efektif untuk produktivitas usaha ayam petelur. Sifat mengeram ini dapat dihilangkan dengan memandikan ayam secara rutin dua kali sehari agar suhu badan ayam meningkat selama masa mengeram.

Baca Juga:  Pakan untuk Dongkrak Bobot Ayam Kampung

Peremajaan

Peremajaan perlu dilakukan untuk keberlanjutan usaha, apalagi jika Anda mengadakan pembibitan sendiri. Peremajaan perlu dilakukan jauh hari sebelum ayam memasuki masa apkir. Jika Anda memiliki membeli bibit baru di pasar, sebaiknya seluruh ayam pengganti sudah dibeli pada akhir bulan ke-10. Dengan demikian, saat ayam petelur memasuki masa apkir, Anda sudah memiliki pengganti yang siap bertelur.