Cara Memelihara Ferret


Pertanianku – Ferret merupakan hewan sejenis berang-berang yang mempunyai hubungan erat dengan musang, cerpelai, anjing air, dan badgers. Ferret diberi nama berdasarkan warna bulunya, karena ferret terbagi dari 3 jenis yaitu ferret ficth, ferret albino, dan ferret siamese.

Cara Memelihara Ferret

Ferret ficth menjadi salah satu jenis yang sangat popular karena memiliki warna kuning tua dengan wajah bertopeng warna hitam, serta termasuk loreng hitam pada kaki dan ekor, ferret albino alias buic memiliki bulu putih dengan mata indah berwarna merah muda dan ferret siamese yang bentuknya mirip dengan kucing siam. Berikut perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat kandang beserta perlengakapannya.

  • Untuk persiapan kandang harus benar-benar diperhatikan, sebaiknya dipilih kandang yang rapat yang tidak mempunyai celah, selain itu, usahakan mencari bahan yang bukan dari bahan yang mudah lapuk atau mudah dikerat dan memiliki ventilasi.
  • Ferret mudah sekali lepas melewati celah-celah kandang yang sempit, maka Anda harus sesering mungkin memperhatikan dan usahakan buatlah kandang yang luasnya mencukupi.
  • Kandang harus memiliki ventilasi udara  agar sinar matahari saat pagi hari dapat masuk, karena sinar matahari sangat penting untuk kehangatan, mengeringkan bagian kandang yang basah, mematikan bakteri dan kuman, serta sumber sinar ultraviolet yang berguna untuk mensintesis vitamin D. Namun, jika sulit mendapatkan sinar matahari kandang dapat diberi lampu ultraviolet artifisial yang dinyalakan selama 10–12 jam setiap harinya.
  • Kandang perlu dilengkapi kotak buangan (litter box) yang dilengkapi dengan pintu keluar masuk, karena ferret mudah diajarkan buang air besar atau kecil di dalamnya.
  • Kemudian sediakan kotak khusus untuk tempat tidur beserta selimutnya berupa kain handuk yang tebal, karena ferret menyukai tidur. Untuk bagian alas tidurnya pun dapat berupa kasur dari gergajian kayu atau karpet berbulu tebal.
  • Lalu sediakan pula tempat makan dan minum yang berbahan gelas atau keramik, agar tidak mengotori lantai, dan mudah dijangkau.
  • Dan siapkan pipa atau selang plastic untuk ferret yang senang menyelusup, agar perilakunya tersebut tetap dapat dilakukannya
Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta

Pemberian pakan hewan ini ferret dapat diberikan berupa ikan, daging, telur rebus, buah, sayur dan makanan kering bentuk pellet, sesekali berikan makanan kucing buatan pabrik karena makanan tersebut sangat disukai ferret. Makanan kering bentuk pellet, dapat melatih gusi, membersihkan gigi, dan tidak banyak tertinggal di celah-celah gigi. Saat hewan ini sakit atau hamil tambahan vitamin dan mineral kedalam makanannya.

loading...
loading...