Cara Memelihara Kelinci Pedaging Agar Cepat Besar


Pertanianku — Banyak orang belum mengetahui cara pasti memelihara kelinci pedaging dengan benar. Padahal, sebenarnya kelinci adalah hewan peliharaan yang paling mudah untuk kita pelihara, baik untuk kelinci pedaging, hias, maupun kelinci potong, asalkan kita sudah mengetahui teknik serta karakter kelinci tersebut.

kelinci pedaging
Foto: Google Image

Oleh karena itu, sebelum memelihara, ketahui terlebih dahulu karakter dan gaya hidup kelinci supaya Anda lebih dipermudah ketika sedang mengalami permasalahan yang membingungkan. Beberapa sifat karakter kelinci yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

  1. Mudah untuk dijinakkan

Kelinci merupakan hewan yang sangat mudah bersahabat dengan siapa saja, termasuk kita manusia. Selain untuk hobi, ternyata memelihara kelinci juga dapat menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Sifat mudah jinak inilah yang mempermudah kita untuk memelihara kelinci dan untuk dibudidaya.

  1. Kelinci lebih aktif pada malam hari

Kelinci akan lebih aktif bergerak dan makan di malam hari. Siang hari biasanya digunakan kelinci untuk tidur dan bersembunyi di dalam lubang. Karakter kehidupan kelinci liar dan kelinci budidaya sama, ia akan lebih aktif dalam melakukan apa saja di malam hari.

  1. Kelinci menyukai tempat sejuk

Faktor kandang serta lokasi juga wajib diperhitungkan. Selain akan membuat kelinci nyaman, juga mampu memacu pertumbuhan dengan cepat. Hal ini terbukti karena kelinci lebih terasa nyaman dalam melakukan segala aktivitas. Tempat sejuk dan kering merupakan salah satu lokasi paling digemari oleh kelinci jenis apa saja, baik pedaging, potong maupun kelinci hias.

  1. Perhatikan pakan yang kita berikan

Pakan inilah yang akan memengaruhi kelinci memiliki pertumbuhan dengan cepat. Untuk mendapatkan kelinci dengan pertumbuhan cepat dan sehat, berikan pakan hijauan.

Pakan yang bisa Anda berikan misal rumput, sayuran, serta limbah pertanian. Nah, khusus untuk pakan berupa tumbuhan, akan lebih bagus jika kita berikan dalam kondisi layu atau kita angin-anginkan untuk menghilangkan kadar air dan getah pada tumbuhan tersebut.

  1. Pakan konsentrat untuk kelinci
Baca Juga:  Rahasia Khasiat Ayam Cemani yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Selain pakan berupa rumput dan sayuran, kita juga bisa membuat pakan berupa konsentrat pada kelinci ternak dan kelinci hias. Biasanya untuk kelinci peliharaan harian, pakan berupa konsentrat hanya digunakan sebagai pakan tambahan atau pakan pelengkap gizi lain.

Beberapa jenis bahan yang bisa untuk kita buat sebagai pakan konsentrat kelinci adalah bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas tapioka, dan gaplek. Bahan tersebut bisa dikombinasikan untuk diracik menjadi pakan tambahan kelinci berkualitas.