Cara Memelihara Pohon Anggur pada Masa Vegetatif

Pertanianku — Masa pertumbuhan pohon terbagi menjadi dua masa, masa vegetatif dan generatif. Fase vegetatif merupakan fase pertumbuhan, sedangkan fase generatif merupakan fase pembungaan pohon. Kedua masa pertumbuhan tersebut membutuhkan perlakuan yang berbeda agar pertumbuhannya lebih optimal. Memelihara pohon anggur pada masa vegetatif pasca dilakukan replanting atau pemindahan dari polibag ke pot harus dilakukan secara intensif dari sebelumnya.

memelihara pohon anggur
foto: pexels

Tugas Anda sebagai seorang viticulturist menjadi bertambah karena harus memberikan dosis pupuk yang tepat dan intensitas pemupukannya pun jadi bertambah. Berikut ini beberapa langkah dalam memelihara pohon anggur pada masa vegetatif.

Penyiraman

Loading...

Anggur merupakan pohon yang sangat menyenangi intensitas cahaya yang tinggi membutuhkan kondisi media tanam yang selalu basah. Kebutuhan air pada masa vegetatif tentu berbeda dengan masa sebelumnya, yakni masa pembibitan. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan sistem irigasi tetes pada pohon anggur tersebut agar kebutuhan air tetap tersuplai dengan baik.

Penyiraman dihentikan pada saat tiga minggu sebelum pangkas untuk pembuahan dan kembali disiram seminggu sebelum pemangkasan.

Pemupukan

Sama seperti air, pada masa pertumbuhan vegetatif, pohon anggur membutuhkan unsur hara yang berbeda dan lebih banyak. Setelah masuk masa vegetatif, pohon anggur harus diberikan pupuk selama tiga bulan sekali secara rutin. Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang sebanyak 50 kg/pohon, NPK sebanyak 20 kg/pohon setiap dua minggu sekali, dan pupuk Urea 20 kg/pohon setiap dua minggu sekali.

Penggemburan tanah

Penggemburan tanah menjadi aktivitas perawatan terpenting jika pohon ditanam di lahan atau pekarangan rumah. Penggemburan dilakukan di area sekitar tajuk tanaman dan dilakukan dengan cara dicangkul setiap seminggu sekali.

Penyiangan gulma

Penyiangan gulam berfungsi menghilangkan gulma yang akan menyerap unsur hara dalam tanah dan menjadi kompetitor bagi pohon anggur. Pasalnya, pada masa pertumbuhan, pohon anggur memerlukan unsur hara yang cukup. Melalui penyiangan gulma, seluruh unsur hara yang ada di tanah akan diserap ke dalam pohon dan diolah untuk proses pertumbuhan vegtatif.

Baca Juga:  Jenis Durian Unggul yang Laris di Pasaran

Penyiangan gulma bisa dilakukan sekaligus pada saat pencangkulan tanah untuk penggemburan tanah.

Loading...
Loading...