Cara Memelihara Pohon Bawang Merah dengan Benar

Pertanianku — Sebenarnya bawang merah mudah untuk dibudidayakan, Anda hanya perlu memerhatikan beberapa faktor yang menunjang keberhasilan bertanam, seperti tanah yang gembur, subur, dan cukup bahan organik. Pertumbuhan pohon juga akan terganggu pada saat daerah tersebut sedang memiliki intensitas hujan yang tinggi atau terlalu kering. Oleh karena itu, Anda perlu memelihara pohon bawang merah dengan cara yang tepat.

memelihara pohon bawang merah
foto: pertanianku

Bawang merah bisa ditanam secara polikultur ataupun monokultur. Biasanya, bawang merah ditanam secara polikultur bersamaan dengan caisim dan kangkung. Meskipun mudah untuk dibudidayakan, Anda juga harus melakukan perawatan yang tepat agar mampu menghasilkan bawang berkualitas dengan harga jual yang tinggi. Berikut ini cara memelihara pohon bawang merah yang tepat.

Pengairan

Loading...

Bawang merah umumnya ditanam pada musim kemarau karena tanaman ini tidak kuat dengan intensitas hujan yang tinggi serta air yang menggenangi permukaan tanah. Air tersebut akan membuat busuk umbi bawang sehingga tidak bisa dimanfaatkan.

Pengairan yang dibutuhkan untuk memelihara pohon bawang merah sebanyak dua hari sekali. Jika udara terlalu panas, penyiraman dilakukan setiap hari. Penyiraman tersebut terus dilakukan hingga menjelang panen.

Penyulaman

Seluruh bibit yang ditanam di lahan tidak semuanya dapat bertahan hidup. Kadang ada beberapa bibit yang gagal tumbuh dan mati. Bibit yang mati harus segera disulam dengan bibit baru agar pertumbuhannya merata dan tidak terjadi ketimpangan umur bibit di lahan.

Tanah gembur

Tanah yang digunakan harus gembur tidak boleh padat. Jika saat masa penanaman tanah menjadi padat, Anda harus menggemburkannya secara perlahan-lahan, jangan sampai merusak akar tanaman.

Pupuk susulan

Berikan pupuk susulan berupa pupuk kandang yang diberikan pada saat empat minggu setelah tanam dengan dosis 10 ton/hektare.

Baca Juga:  Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Penyiangan

Gulma yang tumbuh di sekitaran tanaman harus segera disiangi agar tidak mengganggu pertumbuhan pohon bawang merah. Gulma yang tumbuh akan mengambil nutrisi di dalam tanah sehingga menghambat penyerapan pohon bawang untuk menyerap nutrisi.

Jaga dari hama dan penyakit

Pohon bawang merah juga berpotensi terkena hama. Deteksi kehadiran hama sedini mungkin sebelum menyebar ke semua pohon yang berada di satu lahan yang sama.

Potong bunga

Bunga yang muncul sebaiknya dipotong agar nutrisi yang ada di dalam tanaman bisa terpusat ke pembentukan anak dan pembesaran umbi.

Panen

Pada saat umbi sudah mulai terlihat di tanah, penyiraman dikurangi dan beberapa hari menjelang panen pohon tidak usah disiram.

Loading...
Loading...