Cara Memelihara Tabulampot Melon agar Menghasilkan Buah Manis

Pertanianku — Memelihara tabulampot melon sebenarnya tidak begitu sulit, Anda perlu melakukan beberapa perlakuan tambahan agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan optimal meskipun ditanam di dalam pot. Berikut ini beberapa kegiatan yang harus dilakukan saat memelihara tabulampot melon di pekarangan.

memelihara tabulampot melon
foto: pixabay

Penyiraman

Penyiraman tanaman bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca dan fase pertumbuhan tanaman. Idealnya, tanaman disiram sebanyak dua kali sehari atau pada saat tanaman sudah terlihat kering. Pada saat cuaca sedang sangat terik, penyiraman dapat dilakukan hingga tiga kali sehari. Sementara itu, ketika sedang mendung, penyiraman cukup dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari.

Penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari sedang tidak begitu terik. Penyiraman yang dilakukan pada saat matahari terik dapat menyebabkan plasmolisis, yakni tertariknya cairan tanaman keluar dari tanaman. Plasmolisis dapat menyebabkan tanaman menjadi stres, bahkan mati.

Pelilitan

Melon merupakan tanaman yang tumbuh merambat tegak ke atas, Anda perlu melakukan pelilitan agar tanaman bisa mendapatkan sinar matahari. Pelilitan tabulampot melon juga berguna untuk mengefektifkan lahan, memudahkan proses perawatan dan seleksi buah, tanaman tidak mudah roboh oleh terpaan angin atau hujan, pertumbuhan tanaman bisa lebih teratur, serta sirkulasi udara di antara tanaman bisa berjalan dengan lancar.

Pewiwilan

Pewiwilan atau pemangkasan sulur, tunas, atau cabang yang merugikan karena tumbuh di ketiak daun harus dilakukan secara rutin. Hal ini berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan vegetatif sehingga tanaman bisa menghasilkan volume buah yang optimal. Pemangkasan sulur bisa dilakukan dari ruas daun pertama hingga ruas daun ke-11 dan di atas ruas ke-15.

Penyerbukan bunga

Di alam bebas, penyerbukan dilakukan oleh serangga penyerbuk. Namun, jika tanaman dipelihara di dalam greenhouse, tanaman harus dibantu penyerbukannya karena serangga tidak bisa masuk ke greenhouse.

Pemilihan buah

Baca Juga:  Bantul, Sentra Penghasil Benih Bawang Merah

Setelah penyerbukan, bunga akan membentuk calon buah. Calon yang tumbuh pada ruas daun ke-11 hingga ke-15 harus dipilih salah satunya untuk mendapatkan buah yang tumbuh dengan optimal.

Pemangkasan pucuk atas

Pemangkasan pucuk atas berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan tanaman secara vertikal setelah tanaman sudah berumur 6—7 minggu. Sisa pangkasan dikumpulkan atau dimasukkan ke kantong sampah untuk dimusnahkan.

Pemupukan

Tabulampot melon membutuhkan pemupukan agar pertumbuhannya optimal. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk anorganik seperti NPK. Pada fase vegetatif, pupuk NPK yang diberikan sebanyak 10 gram/pot dengan interval pemberian 10 hari.

 


loading...