Cara Memelihara Tanaman di Polibag atau Pot

Pertanianku — Umumnya pemeliharaan dilakukan dengan penyiraman dan pemupukan. Sementara, untuk tanaman sayur dan buah membutuhkan pengairan dan pemangkasan. Sangat penting untuk memelihara tanaman di polibag atau pot agar tumbuhan berproduksi dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal.

Memelihara Tanaman di Poiybag
foto: pertanianku

Penyiraman

Pemeliharaan yang paling utama dan pertama adalah penyiraman terhadap tanaman. Penyiraman dibutuhkan untuk menjamin ketersediaan air bagi tanaman. Terlebih saat musim kemarau penyiraman sangat perlu untuk dilakukan. Bahkan, frekuensi penyiraman akan lebih banyak. Penyiraman dalam memelihara tanaman di polibag atau pot terbilang cukup mudah dilakukan karena tanaman dapat dipindah tempat.

Loading...

Pemberian pupuk

Pemupukan susulan pada tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, dan selada dapat Anda lakukan pada hari ke-15 setelah tanaman ditanam. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk kompos ataupun pupuk kandang. Pemupukan dilakukan dengan cara ditaburkan ke sulur media tanam dengan jumlah secukupnya.

Setelah tanaman diberi pupuk, hal selanjutnya adalah tanaman ditaruh di tempat yang terpapar sinar matahari. Pada sore hari, pupuk dapat disiram bersamaan dengan menyiram tanaman. Hal ini berguna untuk penyerapan pupuk ke dalam tanah sehingga kandungan nutrisi yang ada di dalam pupuk terserap ke dalam akar.

Pemupukan untuk tanaman sayur buah seperti cabai, tomat, terung, dan lainnya dapat dilakukan saat satu minggu setelah penanaman. Dosis yang diberikan sebanyak satu genggam tangan.

Pengajiran

Pengajiran adalah pemasangan bilah bambu atau kayu pada polibag yang berfungsi untuk menjaga agar batang tanaman tetap tumbuh tegak ketika tanaman semakin membesar dan mulai memasuki masa produksi.

Pengajiran dapat dilakukan saat tanaman masih kecil atau setelah bibit dipindahkan ke dalam polibag. Bilah bambu yang digunakan akan ditancapkan ke dalam tanah dan tanaman akan diikat menggunakan tali agar tetap rapih. Biasanya tanaman yang dilakukan pengajiran adalah sayuran buah seperti tomat, cabai, dan terung.

Baca Juga:  Ketahui Tanda Tomat Siap Panen

Pemangkasan atau perempelan

Pemangkasan sama seperti pengajiran dilakukan untuk tanaman sayur buah seperti tomat dan cabai. Pemangkasan dilakukan untuk menghilangkan tunas air atau tunas yang tumbuh pada ketiak daun. Tujuannya adalah agar tanaman fokus tumbuh di bagian tertentu. Selain itu, untuk mengurangi risiko serangan hama penyakit karena tanaman terlalu rimbun.

Loading...
Loading...