Cara Memilih Induk Tanaman yang Menghasilkan Bibit Berkualitas

Pertanianku — Pada dasarnya budidaya benih sayuran sama dengan budidaya sayuran konsumsi.  Namun, ada beberapa perbedaan seperti memilih induk tanaman yang mampu menghasilkan bibit tanaman yang berkualitas.

memilih induk tanaman
foto: pertanianku

Tanaman induk merupakan tanaman yang digunakan untuk memproduksi bibit untuk ditanam kembali sehingga disebut sebagai benih sumber. Pemilihan tanaman induk yang mampu menghasilkan bibit tanaman berkualitas dapat dilihat dari vigornya yang sangat tinggi/sehat, kuat, dan seragam.

Induk yang mampu menghaslkan bibit berkualitas juga harus terbebas dari penyakit, terutama penyakit menular yang bisa menular ke bibit yang dihasilkan olehnya, seperti layu, virus, dan antraknosa. Selain itu, induk juga harus memiliki identitas vegetatif dan generatif yang sesuai dengan deskripsi yang tercatat.

Loading...

Tanaman induk yang terpilih harus diisolasi di dalam green house. Isolasi bunga dilakukan dengan cara menutupi tanaman yang sudah terpilih dengan kasa halus atau menutupi bunga yang terpilih dengan kantong kertas bening. Berikut ini cara memilih tanaman induk yang mampu menghasilkan bibit.

Panen buah dari tanaman induk dilakukan dengan cara memisahkan setiap pohon atau setiap buah berdasarkan tingkat kemurniannya yang terjaga dengan baik.

Pemilihan tanaman induk setiap jenis sayuran akan berbeda-beda. Seperti tanaman induk cabai, tomat, dan wortel akan berbeda dengan tanaman induk wortel dan kubis.

  • Tanaman induk cabai harus tampak sehat dan bebas dari hama penyakit.
  • Tanaman induk tomat harus memiliki pertumbuhan yang sehat dan kokoh.
  • Tanaman induk caisim harus tampak sehat dan seusai dengan identitas varietasnya.
  • Tanaman induk kacang buncis rambat harus tampak rimbun dan sehat.
  • Tanaman induk bayam harus terlihat subur dan sehat.
  • Tanaman induk kangkung harus tampak kokoh dan sehat.
  • Tanaman kacang panjang harus tampak subur dan sehat.
  • Tanaman induk wortel harus tampak subur dan sehat serta dipilih saat panen konsumsi. Umbi yang terpilih menjadi benih adalah benih yang sehat, tidak berbulu, tidak bercabang, lurus, dan bentuk serta warnanya sesuai dengan identitasnya.
  • Tanaman induk kubis harus memiliki curd padat, putih, bersih, tidak berbulu dan sehat. Seleksi induk tanamna kubis dilakukan sebelum masa panen.
Baca Juga:  Yoghurt Sinbiotik, Minuman Kaya Serat dari Tepung Pisang
Loading...
Loading...