Cara Memilih Jenis Tanaman untuk Sistem Polikultur

Pertanianku — Sistem polikultur dapat memberikan banyak manfaat kepada petani apabila dilakukan dengan benar. Pada sistem ini, tidak semua jenis tanaman boleh dipasangkan secara sembarangan karena bisa membuat salah satu pertumbuhan tanaman terganggu sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal.

polikultur
foto: Pertanianku

Oleh karena itu, ada beberapa cara memilih jenis tanaman yang cocok untuk dibudidayakan dengan sistem polikultur bersama jenis tanaman yang lain.

Perhatikan sosok tanaman dan kebutuhan sinar matahari

Sinar matahari adalah salah satu kebutuhan tanaman yang harus terpenuhi agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sinar matahari dibutuhkan untuk menghasilkan bunga atau buah pada tanaman buncis dan kapri, sedangkan tanaman sayuran daun, seperti selada dan seledri tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak. Dengan begitu, seledri atau selada bisa ditanam di antara tanaman buncis atau kapri.

Unsur hara

Berdasarkan kebutuhan unsur hara, tanaman sayuran terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu tanaman yang memerlukan nitrogen cukup banyak (heavy feeders), tanaman yang tidak memerlukan nitrogen terlalu banyak (light feeders), dan tanaman penghasil nitrogen atau dapat mengikat nitrogen dengan bantuan Rhizobium (soil builders).

Tanaman heavy feeders adalah selada, bayam, jagung, dan labu. Sementara itu, tanaman light feeders adalah bawang merah, lobak, ubi kayu, wortel, dan ubi jalar. Adapun tanaman soil builders adalah kacang tanah, kedelai, buncis, kacang hijau, dan lain-lain. Ketiga kelompok jenis tanaman tersebut bisa ditanam dalam satu lahan yang sama karena tidak terjadi perebutan unsur hara antartanaman.

Jangan gabungkan tanaman satu kelompok di dalam lahan karena tanaman akan saling berebutan atau justru mengalami kelebihan kandungan nitrogen.

Sistem perakaran

Setiap tanaman memiliki sistem perakaran yang berbeda-beda. Ada yang dangkal, dalam, melebar, rimbun, dan sebagainya. Sistem perakaran inilah yang akan menentukan jarak tanam dan jenis tanaman yang bisa ditanam di sekitarnya. Tanaman dengan sistem perakaran yang berbeda bisa ditanam berdekatan.

Baca Juga:  Manfaat Terung Lalapan pada Kuliner Khas Sunda

Misalnya, wortel dengan bawang merah, buncis dengan selada, selada dengan terung, seledri dengan kubis, kubis dengan daun bawang, dan tembakau dengan daun bawang.