Cara Memilih Melon yang Enak dan Sehat

Pertanianku — Saat membeli buah, seperti melon, pasti Anda menginginkan buah yang enak dan sehat. Namun terkadang, ketidaktahuan membuat Anda mendapatkan buah yang tidak enak. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara memilih melon yang tepat agar bisa mendapatkan buah yang bermutu tinggi.

cara memilih melon
foto: pertanianku

Terkadang, ada pedagang nakal yang memberikan buah bermutu rendah. Hal tersebut tentunya sangat merugikan konsumen. Buah yang bermutu rendah pasti tidak lezat untuk dimakan dan terkadang aroma serta rasanya berubah. Selain itu, nilai gizi yang terkandung di dalamnya juga bisa berkurang, tidak sebanyak buah melon bermutu tinggi.

Mutu merupakan gabungan dari sifat-sifat atau ciri-ciri yang memberikan nilai kepada komoditas yang dikonsumsi.

Mutu juga merupakan cara pelayanan, seperti kesesuaian penampilan dengan kualitas buah yang diterima oleh konsumen. Mutu memang merupakan hal yang dinamis, dapat berubah-ubah. Tak heran, pedagang melon kadang bisa memberikan buah melon yang manis dan segar, tetapi esoknya buah yang dijual tidak seenak buah kemarin.

Hanya buah bermutu tinggi yang bisa diapresiasi lebih baik di pasar dengan harga jual yang tinggi. Untuk mengetahi melon bermutu tinggi, Anda bisa melihat dari penampilan fisik buat tersebut. Buah yang bermutu terlihat utuh, tidak pecah atau retak, serta dengan atau tanpa tangkai.

Saat memilih melon, pilihlah buah yang layak konsumsi, bersih, dan bebas dari benda asing atau dari tangkai yang mati dan kering. Jika dibelah, tidak ada daging buah yang memar atau mengalami pencokelatan internal (internal browning).

Buah yang dipilih harus bebas dari hama dan penyakit. Biasanya buah yang terserang hama dan penyakit memiliki penampilan fisik yang berbeda karena serangan tersebut.

Baca Juga:  Perbaiki Lahan dan Konservasi Air di Perkebunan Kemiri Sunan dengan Biopori

Jika Anda membeli buah melon yang masih ada tangkainya, tangkai melon tidak boleh lebih dari 3 cm. Selain itu, potongan tangkai harus mendatar, lurus, dan bersih.

Buah melon yang sudah matang sempurna akan memiliki tanda-tanda kematangan fisiologis berupa jaringan kulit yang sudah penuh, bercahaya, kadar air pas, dan manis. Sementara, buah melon yang terlalu matang akan memiliki tanda-tanda warna daging berubah menjadi lebih tua, dan buah terasa lebih lunak dari biasanya. Buah melon yang baik biasanya memiliki kadar kemanisan sekitar 12° brix.

 

 


loading...