Cara Memilih Merek Benih Cabai yang Tepat

Pertanianku Benih cabai banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merek. Benih merupakan modal utama untuk mendapatkan pohon dengan tingkat produktivitas yang tinggi dan buah yang dihasilkan berkualitas. Oleh karena itu, memilih benih tidak bisa dilakukan sembarangan.

benih cabai
foto: cybex.pertanian.go.id

Namun, permasalahan yang sering terjadi saat ingin membeli benih cabai adalah banyaknya merek perusahaan yang mengeluarkan benih cabai. Belum lagi jenis-jenis cabai yang masih belum familiar, mungkin yang diketahui hanya sebatas cabai rawit, cabai merah keriting, atau cabai besar.

Pada dasarnya, pemilihan merek yang menjual benih bisa dilakukan dengan mudah. Asalkan,  Anda membelinya di toko pertanian tepercaya yang sudah pasti menjual benih berkualitas dan bersertifikat.

Salah satunya Toko Trubus yang menjual beragam benih cabai varietas unggul. Selain benih cabai, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keperluan berkebun di pekarangan dengan lengkap. Mulai dari media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan dan peralatan berkebun di pekarangan. Segera hubungi admin Toko Trubus, untuk solusi pertanian Anda.

JIka ingin mendapatkan pohon cabai yang bagus, pilihlah benih yang dijual dalam kemasan, bersertifikat, dari produsen terpercaya, dan memiliki nama varietas yang jelas. Selain itu, perhatikan tanggal kedaluwarsa benih. Jangan membeli benih yang sudah kedaluwarsa karena bisa menyebabkan kegagalan saat penanaman.

Kini, petani lebih sering menggunakan benih hibrida yang dikeluarkan oleh perusahan benih. Benih-benih hibrida tersebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan benih biasa, seperti lebih tahan terhadap penyakit dan hama, tingkat produktivitas tinggi, buah yang dihasilkan lebih menarik, dan waktu penanaman lebih singkat. Namun, sayangnya benih cabai hibrida masih banyak yang didapatkan dari benih luar negeri.

Program pemuliaan tanaman di Indonesia memang masih merintis sehingga belum mampu menghasilkan benih hibrida dari varietas lokal. Hal ini juga terlihat dari banyaknya benih yang diimpor oleh pihak swasta.

Baca Juga:  Usir Lalat Buah dengan Asap Cair Tempurung Kelapa

Selain memastikan jenis benih yang digunakan, Anda juga harus menyesuaikan daerah penanaman, apakah sudah sesuai dengan kriteria benih tersebut atau tidak. Pasalnya, lingkungan yang tidak sesuai bisa menyebabkan benih tidak dapat tumbuh sempurna. Misalnya, benih yang diperuntukan ditanam di dataran rendah harus ditanam di dataran rendah. Jika tidak ditanam di dataran rendah, akan menghasilkan pohon yang tidak bagus.

Benih yang akan digunakan juga harus memenui standar kualifikasi, standar mutu yang meliputi mutu fisik, mutu fisiologis, dan mutu genetik.

 


loading...