Cara Memilih Pot Tanaman yang Tepat agar Tidak Salah Beli

Pertanianku — Ada banyak jenis pot tanaman yang dijual di toko-toko pertanian, mulai dari ukuran, bentuk, hingga jenisnya. Banyaknya pilihan pot terkadang membuat kebingungan untuk memilih pot yang tepat untuk menanam. Untuk memilih pot yang tepat, Anda perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini agar tidak salah.

memilih pot
foto: Pixabay

Pilih jenis pot yang sesuai

Berdasarkan bahan yang digunakan, ada jenis pot yang bersifat porous dan tidak porous. Pot yang bersifat porous adalah pot yang terbuat dari tanah liat. Sementara itu, pot yang tidak porous terbuat dari bahan plastik, logam, atau gelas/kaca. Adapun pot yang terbuat dari kayu termasuk semiporous. Di antara semua jenis pot yang ada, pot plastik yang paling sering digunakan karena ringan, mudah dibersihkan dan diperoleh, serta harganya relatif murah.

Namun, pot plastik tidak selamanya bagus digunakan. Misalnya, jenis tanaman sayuran lebih cocok ditanam di pot tanah liat karena pot tersebut dapat menyerap air lebih banyak dan lebih lama sehingga tanaman tidak akan kekurangan air.

Perhatikan lubang drainase

Lubang drainase terletak di bagian dasar pot dan berfungsi untuk mengeluarkan air siraman. Biasanya, lubang tersebut berjumlah 45 lubang. Pot yang tidak memiliki lubang drainase kurang cocok digunakan untuk menanam tanaman sayur meski bentuknya terlihat sangat menarik.

Perhatikan ukuran pot

Ukuran pot juga harus diperhatikan karena dapat berfungsi untuk menyeimbangkan ukuran tanaman dan membuat penampilan tanaman terlihat lebih serasi. Selain itu, ukuran pot yang kekecilan bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi terhambat karena akar yang ada di dalamnya tidak bisa berkembang secara bebas. Sementara itu, ukuran pot yang terlalu besar dapat menyebabkan pemborosan tempat.

Sesuaikan tinggi pot dengan akar tanaman

Setiap tanaman memiliki sistem perakaran yang berbeda-beda. Misalnya, tanaman seperti selada, lobak, dan bayam umumnya memiliki sistem perakaran yang pendek sehingga bisa menggunakan pot dengan kedalaman minimal 20 cm dan diameter 15 cm. Sementara itu, tanaman terung dan cabai rawit tidak bisa menggunakan ukuran pot tersebut, kedalamannya harus lebih dari 20 cm dan diameternya lebih dari 15 cm untuk tumbuh dengan baik.

Setelah memahami cara memilih pot tanaman yang tepat, Anda bisa langsung membelinya di toko pertanian, seperti Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam pot, baik ukuran maupun bahan pembuatannya untuk kebutuhan bertanam Anda. Untuk berkonsultasi mendapatkan pot tanaman yang tepat, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus. Anda juga bisa mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Baca Juga:  Agar Tanaman Jahe Tumbuh Subur, Begini Cara Mengolah Lahan yang Benar