Cara Memilih Pupuk Tanaman Hias yang Tepat

Pertanianku — Tanaman hias sama seperti tanaman sayur dan buah yang membutuhkan asupan nutrisi hara untuk tumbuh secara sempurna yang berasal dari pupuk. Pemberian pupuk tanaman hias dapat membuat penampilan pohon menjadi lebih cantik dan subur. Namun, Anda harus mengetahui dengan pasti setiap jenis pupuk karena bisa saja fungsinya berbeda dan tidak sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

pupuk tanaman hias
foto: pixabay

Selain itu, cara pemberian pupuk tanaman hias harus diperhatikan, jangan sampai pupuk mengenai bunga mekar, tunas daun, dan kuncup bunga. Pasalnya, bagian tersebut justru mudah rusak jika terkena pupuk. Tanaman yang mengalami kekurangan atau kelebihan pupuk akan mengalami pertumbuhan yang abnormal.

Pemupukan umumnya dilakukan pada 3 minggu setelah penanaman dan dilanjutkan secara teratur, yaitu 2—3 bulan sekali. Waktu pemberian yang tepat adalah pukul 08:00—10:00 atau pada sore hari, jangan diberikan pada saat matahari sedang terik. Perhatikan cara pemberian, dosis, dan keterangan lainnya yang tertera pada kemasan.

Jenis pupuk yang digunakan juga harus diperhatikan. Sebab, ada pupuk yang dikhususkan menumbuhkan bunga, akar, atau daun. Simak ulasan berikut ini.

Bunga dan buah

Pupuk yang dibutuhkan untuk menumbuhkan bunga dan buah adalah kalium. Tanaman harus mengalami masa berbunga, berbuah, dan berumbi. Pupuk kalium juga diperlukan untuk mendorong masa pertumbuhan vegetatif yang dilakukan secara khusus.

Pupuk kalium yang bisa digunakan adalah ZK 90, ZK 96, KCL 80, KCL 90, Gandasil B., dan Hyponex merah.

Daun

Pupuk yang dibutuhkan untuk menghasilkan daun hijau dan lebat adalah nitrogen. Nitrogen dibutuhkan untuk memproduksi klorofil dan lebih diperlukan untuk tanaman hias yang berdaun. Pupuk N yang bisa digunakan adalah Urea, Hyponex hijau, Vitabloom N 30, dan BASF folar D.

Baca Juga:  Jenis-jenis Angrek Primitif yang Ada di Indonesia

Akar

Pupuk yang digunakan untuk mendukung pertumbuhan akar adalah fosfor. Fungsinya adalah membentuk perakaran yang sehat dan kuat serta mendukung pohon untuk menghasilkan bakalan buah. Fosfor sangat penting untuk tanaman yang sedang masuk dalam masa pertumbuhan bunga. Pupuk fosfor yang biasanya digunakan adalah TSP, DS, ES, Fosfat Cirebon, Superfosfat, dan Hyponex merah.

 


loading...