Cara Memilih Umbi dan Benih Bawang Bombai

Pertanianku — Bertanam bawang bombai bisa dilakukan melalui penyemaian biji dan penanaman umbi. Dua cara ini dinilai efektif untuk menumbuhkan bawang bombai, baik dalam skala besar maupun rumah tangga. Ternyata, ada trik yang harus dipahami dalam memilih umbi dan benih bawang bombai.

benih bawang bombai
Foto: pixabay

Jika Anda memilih perbanyakan bawang bombai melalui umbi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Umbi yang dipilih sebaiknya sudah berusia tua, tidak mengerut, padat, dan mengilap.

Umbi-umbi yang digunakan untuk bibit tersebut, berasal dari tanamanan yang dipanen dalam umur tanam yang sudah tua. Selain itu, umbi tersebut sebaiknya sudah disimpan dalam jangka waktu yang sudah lama, atau disebut juga sebagai umbi kawak.

Loading...

Ciri umbi bawang bombai yang baik sebagai berikut. Pertama, umbi berukuran sedang dan seragam dengan berat berkisar 10—25 gram. Umbi juga tidak terserang penyakit atau memiliki tanda-tanda terserang penyakit atau hama.

Tanaman bawang bombai akan berbunga dan membentuk biji pada suhu yang rendah. Iklim tropis Indonesia sendiri bukanlah habitat yang sesuai bagi bawang bombai. Agar sesuai dengan iklim Indonesia, umbi yang akan ditanam disimpan dahulu pada suhu rendah, yaitu 5—10 derajat Celcius. Penyimpanan ini dilakukan selama kurang lebih 3—4 minggu.

Barulah umbi tersebut dapat ditanam di tempat sejuk. Lingkungan yang sesuai bagi penanaman umbi bawang bombai berada pada ketinggian 1.100 mdpl. Pada bulan-bulan tertentu, beberapa jenis bawang bombai dapat berbunga.

Selain menggunakan umbi, bawang bombai juga bisa diperbanyak dengan menggunakan biji. Anda dapat membeli biji varietas hari pendek alias genjah. Pastikan biji tersebut belum memasuki masa kedaluwarsa. Sebab, bila biji sudah kedaluwarsa, daya tumbuhnya akan sangat rendah.

Di pekarangan rumah, Anda bisa bertanam bawang bombai hanya dengan menggunakan pot. Pastikan pot yang Anda gunakan memiliki ketinggian 10—15 cm dengan diameter 20 cm. Selain pot, Anda juga dapat memanfaatkan polibag. Kedua wadah bertanam ini dapat digunakan setelah biji bawang bombai disemai terlebih dahulu.

Loading...
Loading...