Cara Memotong Kuku Domba yang Benar dan Aman

Pertanianku — Domba harus dirawat secara rutin untuk mencegah bibit penyakit berkembang biak di bagian-bagian tubuhnya yang jarang tersentuh. Perawatan yang perlu dilakukan untuk domba adalah memandikan domba, mencukur bulu, dan memotong kuku. Memotong kuku domba dilakukan untuk mencegah kuku domba tumbuh semakin panjang.

memotong kuku domba
foto: Pertanianku

Kuku domba secara alamiah dapat bertambah panjang. Kuku yang dibiarkan memanjang dapat mengganggu gerak domba sehingga keempat kaki domba tidak memiliki titik berat yang sama. Kondisi tersebut bisa menyebabkan domba kehilangan keseimbangan sehingga saat berjalan atau berdiri mudah terjatuh.

Kuku yang panjang juga menjadi sarang kotoran dan kuman penyakit bagi domba yang tidak bisa dibersihkan ketika proses memandikan. Oleh karena itu, kuku domba harus dipotong secara rutin agar tidak terlalu panjang.

Memotong kuku domba sebaiknya dilakukan setelah domba dimandikan. Memandikan domba berfungsi merontokkan kotoran dan parasit yang menempel di tubuh domba.

Pemotongan kuku bisa menggunakan pisau atau gunting khusus untuk memotong kuku domba yang banyak dijual di ­e-commerce.

Agar domba tidak berontak dan membahayakan pekerja saat sedang dipotong kukunya, domba harus diikat pada dua pasang bambu. Satu pasang diletakkan di bagian depan, sedangkan pasangan lainnya diletakkan di bagian belakang.

Potong kuku di bagian depan terlebih dahulu. Lakukan dari kaki kanan ke kiri atau sebaliknya secara bergantian. Angkat kaki domba yang akan digunting kukunya, lalu lipat sendi di lutut. Setelah itu, potong kuku dengan alat potong yang sudah disediakan.

Sementara itu, untuk memotong kuku di bagian kaki belakang dilakukan dengan cara menjepit badan domba bagian belakang dengan kedua paha dengan posisi searah dengan ekor. Selanjutnya, angkat salah satu kaki domba secara bergantian, lalu potong kuku kaki domba.

Baca Juga:  Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Memberi Pakan Kelinci yang Benar

Domba kemungkinan besar bisa melakukan gerakan-gerakan yang membahayakan pekerja. Pemotongan kuku harus dilakukan dengan pekerja yang sudah ahli atau di bawah pengawasan. Pasalnya, jika pemotongan dilakukan sembarangan dapat menyebabkan domba terluka dan kesakitan. Luka tersebut malah bisa menyebabkan sumber infeksi baru bagi domba.


loading...