Cara Memotong Kuku Sapi untuk Menjaga Kebersihannya

Pertanianku — Tahukah Anda jika sapi juga harus rutin dipotong kukunya untuk menjaga kebersihannya. Memotong kuku sapi atau hoof triming sering dilakukan pada sapi-sapi yang dikandangkan. Sementara, pada sapi yang digembalakan sepanjang waktu, kukunya akan mengalami keausan sehingga seolah-olah kuku tidak ada.

memotong kuku sapi
foto: pertanianku

Kuku sapi yang dibiarkan tumbuh akan semakin panjang, bahkan hingga melengkung ke atas. Hal ini akan mengganggu pergerakan sapi dan membuat sapi mudah kepleset. Kuku yang terlalu panjang juga menjadi tempat berkumpulnya kotoran sehingga berpotensi menimbulkan infeksi. Oleh karena itu, sapi harus rutin dipotong kukunya, misalnya 6 bulan sekali.

Untuk memotong kuku sapi, Anda memerlukan alat pahat untuk membentuk kukunya, palu untuk memukul pahat, tang untuk memotong kuku, alat kikir untuk menghaluskan tepi kuku, pisau pemotong kuku untuk membersihkan sela-sela kuku, alat untuk membersihkan kuku bagian bawah, dan balok untuk mengganjal kuku.

Loading...

Sapi yang akan dipotong kukunya harus ditambatkan agar tidak banyak bergerak dan memudahkan Anda saat proses pemotongan kuku. Pemotongan kuku juga harus menggunakan pisau khusus yang tajam agar tidak melukai kaki sapi. Pada bagian bawah kuku hendaknya dipotong rata mendatar agar memnudahkan sapi berdiri dan berjalan dengan baik. Berikut ini cara memotong kuku sapi yang benar.

  1. Sebelum dipotong kukunya, letakkan sapi di tempat yang agak basah agar kukunya menjadi lebih lunak dan mudah dipotong.
  2. Anda harus memperdalam pengetahuan tentang susunan anatomi kaki (kuku) secara lengkap dan detail untuk meminimalisir kesalahan saat pemotongan kuku.
  3. Jangan terlalu banyak kuku yang dipotong.
  4. Bersihkan bagian kuku yang kotor.
  5. Untuk mencegah banyaknya pergerakan pada saat pemotongan kuku serta menjaga keamanan Anda, ternak yang akan dipotong kukunya perlu dijepit di bagian lehernya.
  6. Kaki yang akan dipotong kukunya diangkat dan digantung dengan tali.
  7. Pemotongan kuku dimulai dari bagian pinggir atas, terus ke ujung.
  8. Jika pemotongan dilakukan dengan pahat, ternak harus berada dalam posisi berdiri di atas balok kayu agat pahat tidak tumpul karena terkena lantai.
Baca Juga:  Formula Pakan Pedet Saat Lepas Sapih
Loading...
Loading...