Cara Memperbaiki Mutu Buah Belimbing Demak


Pertanianku — Untuk memperbaiki mutu buah belimbing demak, dari berbagai cara perbanyakan vegetatif, yang paling mudah dilakukan ialah dengan cara penyambungan, hasilnya pun memuaskan.

buah belimbing demak
Foto: Pixabay

Berikut ini persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum penyambungan.

  1. Batang bawah

Untuk memilih batang bawah Anda perlu menyemainya dahulu dari biji. Pilihlah buah belimbing yang cukup besar, berasal dari pohon induk yang baik. Biji buah belimbing tersebut (diusahakan jangan sampai rusak), sebelum disemaikan, perlu dicuci bersih-bersi dari lendir yang menempel di situ, lalu diangin-anginkan.

Tempat untuk persemaiannya, cukup memakai besek berukuran kira-kira 2 × 2 × 7,5 cm. Diisi dengan pasir halus, tanah, dan pupuk kandang (perbandingan 1 : 1 : 1). Biji buah belimbing disebar rata (kira-kira 100 biji per besek), kemudian besek digantung dengan tali di tempat yang teduh.

Setelah bibit buah belimbing berumur sekitar satu setengah bulan, bibit dipindahkan ke polibag atau tempat penyapihan. Maksud pemindahan, yakni kalau nanti bibit buah belimbing sudah tumbuh besar dan siap ditanam di kebun, akarnya bisa dijaga dari kerusakan. Selain itu, nantinya kita tidak kesulitan memindahkannya ke kebun. Setelah bibit berusia 6—8 bulan (masih di polibag), kegiatan penyambungan bisa disiapkan.

  1. Batang atas

Artinya, mempunyai sifat asli yang baik untuk diturunkan. Sifat asli yang baik ini antara lain produksinya tinggi, mutu buah baik, besar dan aromanya khas, warnanya menarik, daging buahnya lunak, kadar airnya tinggi, dan tentu saja rasa buahnya enak.

Pohon itu juga bebas hama penyakit dan usia pohon harus cukup tua. Entres tersebut diambil dari cabang yang sebaiknya tumbuh ke atas. Cabang yang ke samping bisa saja dijadikan entres, tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Baca Juga:  Penggunaan ZPT Bisa Bantu Perbanyak Buah Cabai

Urutan pembuatan sambungan pohon belimbing

Mula-mula, disiapkan tanaman calon batang bawah yang sudah berumur 6—8 bulan. Batangnya dipotong 10—15 cm dari permukaan tanah, kemudian dibelah sepanjang 3—5 cm. Kemudian dibuat entres sepanjang 7,5—10 cm (dan bermata 3—5 buah) dari cabang pohon belimbing induk. Ujungnya, diiris pipih sepanjang belahan pada batang bawah.

Entres yang sudah pipih selanjutnya diselipkan ke dalam belahan batang bawah (keduanya disambung). Seterusnya sambungan itu diikat dengan tali plastik (rafia) sepanjang 25 cm, lebar tali 3 mm. Kalau ini sudah selesai, disiapkan pula plastik es mambo untuk dikerudungkan sampai di bawah sambungan.

Lima belas sampai dua puluh hari kemudian, biasanya tunas baru sudah keluar dan plastik bisa dibuka. Tunas yang tumbuh pada batang bawah (di bawah sambungan) dibuang, dan 15 hari kemudian ikatan boleh dibuka. Pekerjaan selanjutnya, tinggallah merawat baik-baik bibit buah belimbing itu, supaya tetap sehat dan subur.