Cara Mempercepat Proses Pengomposan Menjadi Dua Minggu

Pertanianku — Pada umumnya proses pengomposan berjalan cukup lama, bisa sampai berbulan-bulan. Kompos yang belum jadi secara sempurna tidak bisa digunakan karena bisa membahayakan tanaman. Namun, sekarang Anda bisa memperpendek waktu pembuatan kompos yang awalnya sekitar 2—3 bulan, kini menjadi 2—3 minggu saja. Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pengomposan.

proses pengomposan
foto: Pertanianku

Ketahui faktor yang memengaruhi pembentukan kompos

Sebenarnya, pembuatan kompos tidak begitu sulit, hanya saja proses pembuatan yang lama disebabkan oleh berbagai faktor, seperti suhu, bahan baku, nitrogen, dan kelembapan. Agar proses pengomposan berjalan cepat, Anda perlu mengetahui faktor-faktor tersebut. Dalam buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah membahas seluruh faktor tersebut, mulai dari bahan baku, suhu, nitrogen hingga tingkat kelembapan.

Teknologi pengomposan

Jika ingin mempercepat proses pengomposan, Anda perlu mempelajari teknologi pengomposan. Pembuatan kompos yang disertai dengan teknologi bisa menghasilkan kompos yang berkualitas dan lebih sempurna. Sempurna yang dimaksud di sini adalah tingkat kematangan pas, kandungan unsur hara dan bahan aktif pas, serta mengandung banyak mikroba yang efektif.

Gunakan aktivator berbahan organik

Proses pengomposan dapat dipercepat dengan bantuan aktivator. Namun, Anda perlu hati-hati ketika memilih aktivator karena tidak semua aktivator bisa membuat pengomposan berjalan cepat dan malah menyebabkan kegagalan.

Fungsi aktivator adalah membantu proses pengomposan, baik secara alami maupun rekayasa agar bisa lebih dipercepat. Aktivator sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu aktivator abiotik dan aktivator biotik.

Gunakan komposter

Penggunaan komposter bisa dilakukan untuk pembuatan kompos skala rumah tangga. Pada dasarnya komposter merupakan wadah yang terbuat dari tong plastik atau kotak semen yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk mengomposkan bahan organik. Anda bisa membuat komposter sendiri atau membelinya di toko pertanian yang menyediakannya.

Baca Juga:  Hama Terung yang Wajib Diwaspadai

Seluruh tips pengomposan dalam kurun waktu yang lebih cepat dibahas secara tuntas dalam buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah yang diterbitkan oleh Penebar Sawadaya. Buku tersebut dapat membimbing Anda agar berhasil membuat kompos sendiri dari bahan organik. Untuk mendapatkan buku itu sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.


loading...