Cara Memperoleh Keseragaman Ayam dengan Populasi Ribuan Ekor

Pertanainku — Tingkat keseragaman yang buruk merupakan bencana bagi para peternak ayam karena bisa menyebabkan penyakit dan memunculkan sifat kanibal. Oleh karena itu, peternak harus mampu mempertahankan keseragaman ayam jika usahanya ingin berjalan lancar.

keseragaman ayam
foto: Pertanianku

Mempertahankan keseragaman ayam dengan jumlah populasi hingga ribuan ekor bukan perkara mudah. Peternak tidak bisa mendapatkan keseragaman yang instan karena harus melalui banyak proses.

Untuk mendapatkan performa ayam broiler yang bagus sesuai dengan potensi genetiknya, ayam ternak sudah harus dikontrol sejak awal pemeliharaan. Berikut ini cara efektif yang bisa digunakan untuk mengontrol keseragaman ayam broiler dengan jumlah populasi hingga ribuan ekor.

Keseragaman DOC

Keseragaman sudah bisa dinilai sejak awal kedatangan DOC. Tingkat keseragaman DOC harus lebih kurang 85 persen, sesuai dengan berat badan standar. DOC yang baru datang harus rutin dilakukan seleksi hingga DOC berumur 10 minggu. Seleksi dilakukan dengan memisahkan ayam sesuai dengan kelompok berat badan.

Kebutuhan pakan dan minum

Berikan pakan dan minum sesuai dengan kebutuhan ayam dan harus dipastikan selalu tersedia di dalam kandang. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah tempat pakan dan minum dengan jumlah ayam di dalam kandang. Hal ini agar semua ayam mendapatkan pakan dan minum dengan mudah.

Selain itu, perhatikan juga kondisi kepadatan ayam di dalam kandang. Jumlah ayam yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan sebagian ayam kesulitan untuk mendapatkan pakan sehingga pertumbuhannya menjadi lebih terhambat dari ayam lainnya. Kondisi tersebut sudah dipastikan dapat menyebabkan tingkat keseragaman menjadi buruk.

Manajemen pemeliharaan yang baik

Lakukan manajemen pemeliharaan yang baik seperti mengontrol suhu, ventilasi, dan manajemen litter yang baik. Manajemen pemeliharaan yang baik dapat mencegah ayam terjangkit penyakit yang disebabkan oleh kelalaian pekerja.

Baca Juga:  Kandang yang Nyaman Bagi Kelinci

Pakan prestarter

Jika berat badan ayam berada di bawah standar, Anda harus mengevaluasinya dengan cara memperpanjang pemberian pakan prestarter (program pemberian pakan intensif dengan tambahan 3—5 gram/ekor yang diberikan tiga kali dalam satu minggu). Pemberian pakan dihentikan ketika bobot badan sudah kembali normal.